News & Events

4 Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction

 Andi Diputra  |     26 Oct 2020, 13:11

Customer Satisfaction adalah kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan jasa yang mereka dapatkan dari kita sebagai produsen. Dengan kata lain, pengertian customer satisfaction memiliki keterkaitan yang erat dengan bahagia atau tidaknya para pelanggan terhadap produk dan layanan jasa kita.

Setiap Perusahaan tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya. Dengan melayani pelanggan dengan baik, Perusahaan bisa menciptakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh dalam persaingan suatu Perusahaan.

4 Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction

Adapun beberapa manfaat yang dapat Anda ambil ketika Anda mengutamakan kepuasan pelanggan:

  1. Mendapatkan dampak positif pada loyalitas pelanggan.
  2. Borpotensi menjadi sumber pendapatan di masa depan terutama melalui pembelian ulang.
  3. Reputasi perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
  4. Laba yang diperoleh dapat meningkat.
  5. Pengurangan biaya transaksi masa depan untuk pelanggan (terutama biaya komunikasi, penjualan dan layanan pelanggan)

Untuk menciptakan kepuasan ada beberapa faktor yang harus Anda terapkan. Apabila faktor-faktor tersebut dapat dipenuhi dengan baik, maka loyalitas pelanggan pun tercipta sehingga pendapatan bisnis pun meningkat.

Faktor yang Mempengaruhi Customer Satisfaction

1. Kualitas Produk

Faktor ini terkait dengan produk yang Anda hasilkan maupun yang ditawarkan kepada pelanggan. Apabila produk yang Anda hasilkan memiliki kualitas yang baik maka pelanggan akan menjadi merasa puas. Dengan begitu Anda harus bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang Anda tawarkan kepada konsumen agar konsumen menjadi pelanggan tetap.

2. Pelayanan yang Berkualitas

Untuk meningkatkan nilai kepuasan pelanggan mengenai produk Anda. Maka penting juga untuk menyediakan layanan pelanggan yang dapat dihubungi sewaktu-waktu. Tujuannya, ketika pelanggan membutuhkan informasi terkait produk Anda, mereka dapat dengan mudah menghubunginya. Kemudahan dalam hal komunikasi antara pelanggan dengan Anda dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya customer satisfaction.

3. Harga yang Relevan

Ketika produk mempunyai kualitas yang sama terhadap usaha lainnya tetapi Anda menetapkan harga produk tersebut dengan harga yang relatif terjangkau, maka akan memberikan nilai yang baik dan dapat memuaskan pelanggan. Perusahaan Anda akan bernilai lebih di mata pelanggan jika harga yang Anda berikan lebih terjangkau dari usaha lainnya.

4. Kemudahan Akses Mendapatkan Produk

Produk yang dapat dibeli konsumen dengan mudah juga menjadi pemicu kepuasan pelanggan. Produk yang diinginkan konsumen selain berkualitas jika mudah didapatkan akan lebih memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen. Mudahnya akses untuk produk tersebut jelas akan membuat produk lebih laku dan memuaskan pelanggan apabila produknya berkualitas baik.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879