News & Events

4 Kebiasaan Project Manager yang Mempengaruhi Kesuksesan Suatu Proyek

 Andi Diputra  |     12 Oct 2020, 09:14

Kemajuan teknologi telah membuka banyak peluang pada Perusahaan saat ini. Namun, juga menghadapi banyak tantangan: proyek menjadi lebih kompleks, ekonomi serba tak pasti, banyaknya stakeholder, kompetisi yang semakin sengit, tekanan yang tinggi agar proyek sukses, tepat waktu dan sesuai anggaran. Mengelola suatu proyek bukanlah hal yang mudah. Faktanya tidak ada cara tertentu yang dapat memastikan keberhasilan suatu proyek. Seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk dapat menghadapi dan mengatasi kendala yang tidak terprediksi.

4 Kebiasaan Project Manager yang Mempengaruhi Kesuksesan Suatu Proyek

Project manager atau manajer proyek memegang peranan penting dalam sebuah proyek untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kontrol. Merupakan seseorang yang terorganisir, passionate, dan berorientasi pada tujuan serta memahami proyek dan perannya agar organisasi dapat berhasil. Meraka bertanggung jawab terhadap keseluruhan scope proyek, tim, sumber daya, dan kesuksesan/keberhasilan suatu proyek.

Dibalik kesuksesan suatu proyek terdapat project manager yang hebat dengan 4 kebiasaan:

1. Mampu Mengelola Tim

Seorang project manager tidak seharusnya melakukan semuanya pekerjaan sendiri. Mereka diharapkan dapat menciptakan tim yang sempurna yang dapat mencapai tujuan suatu proyek.

Mengkoordinasikan tim dan menjadi pemimpin yang mereka butuhkan adalah salah satu kebiasaan pertama dari seorang project manager.

Seorang project manager perlu untuk kenali dan percayai tim. Dengan mengetahui lebih dalam kepribadian setiap orang dalam tim, project manager dapat menetapkan tugas yang tepat kepada orang yang tepat pula. Tidak perlu bagi project manager untuk hadir di setiap segmen pengembangan proyek dan mengawasi semuanya sepanjang waktu. Inilah mengapa manajer proyek membutuhkan tim, sehingga project manager dapat mengajukan pertanyaan dan mendengarkan saran tim. Tidak ada proyek tanpa tim dan tidak ada tim tanpa project manager yang menyatukan.

2. Decision Making

Kebiasaan yang sangat dihargai dari project manager yang hebat adalah selalu selangkah lebih maju dari masalah. Misalnya:

  • Memprediksikan bahwa masalah tersebut berpotensi terjadi
  • Punya solusi yang direncanakan
  • Datang dengan solusi baru jika yang sebelumnya gagal
  • Membuat keputusan dalam situasi stress
  • Membuat perubahan dan adaptasi sesuai dengan kejadian terbaru

Masalah dan hambatan adalah hal yang normal untuk suatu proyek. Yang penting adalah orang yang bertanggung jawab siap untuk melangkah dan membuat langkah yang tepat.

3. Terampil dan Teliti

Setiap project manager yang bertanggungjawab dan mempersiapkan dengan baik akan mengatakan bahwa mereka perlu mendokumentasikan semuanya. Ini adalah kebiasaan ketiga yang terbaik dari manajer proyek. Menuliskan semua yang berhubungan dengan proyek, seperti laporan rapat, biaya, target harian, tonggak sejarah, kontak penting, masalah utama, dan penyelesaian tugas.

Kebiasaan ini akan menjadikan organisasi menjadi hebat, dapat dipercaya dan membantu project manager tetap berada di puncak permainan dan tidak membiarkan apapun meleset dari pikiran mereka.

4. Mampu Merancang Lingkungan yang Produktif

Seorang project managebertanggungjawab atas tim untuk menjadi produktif dan efisien. Untuk melakukan hal tersebut, mereka perlu melakukan upaya ekstra untuk menciptakan kondisi kerja yang sempurna bagi tim.

Kebiasaan terakhir untuk menjadi project manage yang hebat adalah menjaga tim. Yang berarti memperhatikan beberapa faktor yang memengaruhi pengalaman kerja tim

  • Perlengkapan:project manage perlu memastikan setiap departemen memiliki semua perlengkapan yang diperlukan untuk melaksanakan semua tugas dengan benar.
  • Motivasi: menciptakan suasana yang positif berarti mampu memotivasi anggota tim untuk bekerja keras dan melakukan yang terbaik. Namun juga harus membuat tim nyaman, semangat dan puas.
  • Umpan balik: ketika fase satu proyek telah terselesaikan dnegan sukses, maka tim berhak mendapatkan pujian ataupun perayaan kecil-kecilan.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879