News & Events

5 Prediksi Tren HR 2022 yang Wajib Diketahui Perusahaan

 Andi Diputra  |     3 Jan 2022, 07:35

Tren HR tak melulu tentang teknologi. Meskipun teknologi menjadi kunci untuk menavigasi pekerjaan HR, tetapi tren HR juga dipengaruhi oleh situasi seperti pandemi Covid-19, sehingga menciptakan beragam program menarik bagi karyawan.

5 Prediksi Tren HR 2022 yang Wajib Diketahui Perusahaan

Pandemi seolah membuat HR dan manajemen perusahaan untuk memiliki strategi dalam mempertahankan kinerja para karyawan sekaligus memastikan mereka dalam kondisi aman. Sehingga bisnis tetap tumbuh dan bertahan. Alhasil baik kemajuan teknologi maupun perubahan situasi, keduanya ikut memengaruhi tren HR.

Jangan kaget bila terobosan terkini justru banyak mengadopsi tren lama. Sebab, terlihat selama dua tahun terakhir dan kemungkinan masih dibutuhkan pada 2022. Jadi apa saja tren HR 2022?

1. Skill digital akan diutamakan

Tren pertama dalam dunia HRD yang wajib Anda antisipasi pada tahun 2022 adalah skill digital.

Menurut The HR Digest, orang yang menguasai kemampuan tersebut akan diprioritaskan oleh perusahaan. Hal ini berlaku lantaran perusahaan harus mulai beradaptasi dan bertransisi menuju dunia yang sudah serba digital. Selain itu, posisi yang membutuhkan kemampuan digital akan banyak bermunculan.

Biasanya, profesi tersebut akan bernaung di bawah divis IT atau marketing. Namun, diperkirakan juga bahwa divisi lain seperti sales dan bisnis juga akan beralih ke penggunaan teknologi digital yang sudah otomatisasi.

2. Organizational design dan change management

Organizational design dan change management diperkirakan hadir karena banyaknya perubahan yang terjadi di 2021.Tidak hanya memengaruhi bisnis, perubahan tersebut juga memberikan efek yang kurang baik pada pekerja.

Menurut riset HRM Online, 54% pekerja di seluruh dunia merasakan change fatigue, atau kelelahan akan perubahan. Strategi ini ditujukan sebagai cara untuk membuat perubahan tidak terlalu meresahkan bagi karyawan. Sebab, bagaimanapun juga perubahan strategi dan budaya kerja adalah suatu hal yang tak bisa dihindari. Strategi ini sedang dalam masa pengembangan. Maka, diharapkan pekerja dapat merasakan manfaatnya dari awal 2022 nanti.

3. Data untuk People Analytics

Menurut Human Resources Online, people analytics merujuk pada analisis KPI (Key Performance Indicator) dan OKR (Objective and Key Results) dari pekerja pada suatu perusahaan. Pihak HR juga bisa memanfaatkan data untuk menganalisis alasan di balik angka turnover rate hingga quality of hire.

Data dapat digunakan untuk mendorong hasil bisnis yang lebih baik dan meningkatkan manajemen tenaga kerja.

4. Upskilling people dan emotional skill

Untuk memiliki tim yang berkualitas, pemimpin perusahaan harus bisa menunjukkan rasa empati. Maka dari itu, tren HR pada tahun 2022 adalah untuk melakukan upskilling people dan emotional skill para manajer dan supervisor.

Menurut HRM Online, proses upskilling ini akan dimulai dengan membentuk mindset empati dan suportif di pikiran para pemimpin. Selain itu, fokus mereka juga akan dialihkan pada strategi macro managing. Di mana para pekerja dibiarkan bertugas tanpa monitor yang ketat. Pemimpin bisnis pun telah menyadari bahwa dengan mendukung hak para pekerja, kemampuan mereka untuk tampil di kantor akan meningkat drastis.

5. Pengelolaan multi-generational workforce

Tren terakhir yang akan hadir pada tahun 2022 adalah pengelolaan multi-generational workforce.

Menurut Get How Now hal ini berlaku karena pada tahun 2022, perusahaan berkesempatan untuk mengelola karyawan yang hadir dari 5 generasi berbeda.

Tenaga kerja multigenerasi sekarang bisa mencakup karyawan dari generasi tradisionalis (lahir 1927-1946) hingga Generasi Z (2001-2021). Sayangnya, banyak karyawan yang merasa bahwa pemimpin perusahaan belum mampu mengelola karyawan dengan jarak umur yang besar tersebut. Hasilnya, perusahaan akan merancang sistem manajemen dan hr yang lebih ramah terhadap perbedaan ini.

Baca Juga: Tips Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap

Jadi intinya tren HR 2022 muncul untuk mempersiapkan kesejahteraan karyawan. Mulai dari isu keberagaman hingga change fatigue, tren-tren ini sangatlah penting bagi kenyamana tenaga kerja di perusahaan.

Untuk menjaga kesehjateraan karyawan, perusahaan bisa mengontrol dengan software HRIS yang sudah tren belakangan ini. Dengan software HRIS, HR bisa mengerjakan pekerjaan dengan efektif dan efisien karena sudah terintegrasi dan serba digital. Salah satu software HRIS lokal yang terbaik adalah Orange HR Solution. Silahkan hubungi Orange HR untuk mendapatkan manfaatnya.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879