News & Events

5 Tips untuk Memaksimalkan Manfaat HRIS

  24 Feb 2020, 14:31

Bukan rahasia lagi jika HRIS sudah ada dalam beberapa tahun lalu. Sekarang ini menjadi salah satu pendorong utama perubahan dalam suatu Perusahaan.

Jika Perusahaan baru saja menggunakan teknologi SDM baru atau sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan teknologi SDM, Perusahaan mungkin berfikir bagaimana cara memaksimalkan investasinya? Bagaimana Perusahaan bisa memaksimalkan teknologi SDM baru tersebut?

5 Tips untuk Memaksimalkan Manfaat HRIS

Berikut ada 5 tips bagi Perusahaan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi SDM:

1. Berinvestasi pada Training HRIS

HRIS sangat bermanfaat, tetapi hanya jika tahu cara menggunakannya dengan benar. Alat hanyalah alat. Yang penting adalah bagaimana cara mengoperasikannya. Perusahaan harus memastikan bahwa disivi HR bisa mengoperasikan HRIS dengan benar melalui training. HRIS dapat membantu pekerjaan HR menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Dapatkan Apa yang Perusahaan Butuhkan

Perusahaan harus bisa memastikan bahwa HRIS yang di pakai bisa memenuhi kebutuhan, bahkan lebih baik bisa memenuhi keinginan Perusahaan juga. Dengan melihat kebutuhan sebelum mempertimbangkan solusi apa pun, Perusahaan akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menemukan teknologi yang tepat.

3. Pilih Solusi Platform

Sebelumnya, Perusahaan mungkin memilih satu program untuk mengurus payroll, satu program lagi untuk menangani administrasi, dan satu lagi untuk attendance.

Bagaimana jika satu solusi dapat menangani semua ini? Solusi platform SDM terintergrasi adalah jawabannya. Dengan HRIS, Perusahaan dapat menangani semua pekerjaan HR secara terintegrasi, perpindahan informasi dari satu modul ke modul yang lain dengan mudah.

4. Adaptasi dengan HRIS

Setelah Perusahaan menggunakan HRIS, maka Perusahaan harus mengevaluasi SDM dan menyelaraskan dengan HRIS. Jika attendance menggunakan HRIS, maka SDM harus memiliki perangkat yang mendukung untuk bisa mengajukan leave, work permission, dan yang lainnya dengan mudah.

5. Tinjau dan Ukur Keberhasilan

Jika Perusahaan sudah menggunakan HRIS, maka Perusahaan akan mengawasi ROI (Return on Investment). Perusahaan dapat melakukannya dengan mengukur implementasi dan meninjau proses. Dengan melakukan itu, Perusahaan akan dapat menentukan apakah HRIS yang digunakan benar-benar memenuhi kebutuhan.

Ke-5 tips diatas akan membantu memastikan Perusahaan untuk memilih HRIS yang tepat untuk digunakan. Salah satu HRIS yang tepat, dengan modul yang lengkap untuk membantu pekerjaan HR adalah OrangE HR.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879