News & Events

5 Tren Social Media 2021 yang Wajib Anda Ketahui

 Andi Diputra  |     4 Oct 2021, 08:23

Berdasarkan dari hasil survei Hootsuite terhadap 11.189 marketers & expert, serta laporan dan data yang diterbitkan dari Deloitte, Edelman, eMarketer, Forrester, GlobalWebIndex, Survei CMO, terdapat 5 trends social media pada tahun 2021. Apa saja 5 trends social media itu?

5 Tren Social Media 2021 yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum kita masuk ke 5 trends social media, survei yang dilakukan oleh Hootsuite mengatakan bahwa 60% bisnis berencana meningkatkan anggaran pada Instagram mereka dan setengahnya juga berencana menaikan anggaran pada FB, Youtube dan Linkedin.

Pada kuartal terakhir 2020 pertumbuhan jangkauan iklan Instagram tumbuh sebesar 7.1% lebih besar 3 kali lipat dari Facebook sebesar 2.2% dan di survei lagi mengenai social media apa yang mau dipakai perusahaan untuk beriklan, terdapat 78% memilih Facebook untuk beriklan dan 70% memilih Instagram.

Berikut 5 Tren Social Media 2021 yang Wajib Anda Ketahui

1. Trend 1: Race to ROI

Pada masa pandemic banyak lini bisnis yang berjuang untuk mendapatkan kembali penjualan yang turun, marketing harus memberikan ROI jangka pendek dengan kinerja yang ditargetkan, taktik pemasaran yaitu dengan membangun pengalaman digital yang inovatif, dengan target mendapatkan loyalitas jangka panjang, koneksi, ide-ide baru yang menyenangkan serta mendapatkan kepuasan pelanggan.

2. Trend 2: Silence is Golden

Terkadang hal terbaik yang dapat dilakukan bisnis adalah mendengarkan daripada berbicara. Lagi pula, di masa krisis, orang ingin menggunakan social media untuk mengalihkan perhatian dan menghibur diri mereka sendiri dan mereka ingin terhubung satu sama lain, bukan dengan brand/merek.

3. Trend 3: Way More Than OK

Marketing akan memanfaatkan social media untuk lebih efektif menarik minat lintas generasi. Jadi, social media akan beradaptasi lebih ramah bagi para atasan dari generasi baby boomers.

4. Trend 4: Do I Know You?

Perusahaan pada masa ini harus lebih mengenal pelanggan melalui social media. Social media menjadi penghubung antara perusahaan dan pelanggan.

5. Trend 5: The Perils (and promise) of Purpose

Social media bukan hanya sebagai media untuk mempromosikan brand/merek, tetapi lebih ke riset apakah produk tersebut bermanfaat bagi pelanggan?

Baca Juga: Ketahui Manfaat Software Payroll Bagi HRD Perusahaan

Kami akan membahas 5 trends social media 2021 menurut Hootsuite lebih detail pada artikel selanjutnya, kunjungi website Orange HR Solution untuk artikel selanjutnya.

Sumber: Hootsuite

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879