News & Events

Absensi Online Solusi Terbaik saat New Normal

 Andi Diputra  |     27 Jul 2020, 12:57

Ada banyak cara untuk melihat kedisiplinan karyawan, mulai dari caranya bekerja hingga melihat tingkat kehadiran atau absensi selama bekerja di Perusahaan. Absensi adalah salah satu acuan yang sangat tepat digunakan untuk melakukan penilaian ketaatan karyawan terhadap peraturan Perusahaan. Dengan absensi Perusahaan dapat melihat karyawan mana yang benar-benar semangat dalam bekerja dan mana yang tidak, contohnya dengan melihat waktu hadir setiap karyawan di kantor.

Absensi Online Solusi Terbaik saat New Normal

Saat situasi new normal mengakibatkan Perusahaan sulit mengumpulkan data absensi karyawan, karena mengharuskan karyawan yang masuk kekantor hanya 50% dan sisanya WFH. Kinerja tidak hanya diukur dari seberapa rajinnya karyawan. Kepatuhan terhadap peraturan dan budaya kantor juga merupakan aspek penting. Sayangnya, hal ini masih sulit diukur jika Perusahaan masih mencatat absensi karyawan secara manual apalagi ketika sedang WFH.

Oleh karena itu absensi online saat ini dibutuhkan berbagai Perusahaan dalam mendukung new normal.

Pentingnya Absensi Online saat New Normal

1. Praktis

Ada banyak metode absensi yang digunakan oleh perusahaan, mulai dari absensi manual, absensi menggunakan mesin ceklok, dan menggunakan model absensi menggunakan fingerprint. Namun kondisi sekarang ini tidak memungkinkan bagi karyawan untuk selalu absen menggunakan fingerprint.

Oleh karena itu, absensi akan lebih mudah diatur dan dipantau jika menggunakan absensi online seperti pada Aplikasi OrangE HR. Karyawan dan HRD memiliki aplikasi yang sama tetapi dengan fitur yang berbeda yang sudah disesuaikan. Perusahaan akan mudah mengetahui apakah karyawan bekerja atau tidak pada hari tersebut.

2. Real-time

Saat new normal, sistem absensi online akan sangat memungkinkan karyawan mengisi absensi di mana saja di dunia tanpa perlu khawatir absensi mereka tidak tercatat. Dengan teknologi cloud, karyawan bisa mengisi absensi asalkan ada ponsel dan koneksi internet.

3. Mengurangi Human Error

Kita cenderung melakukan kesalahan. Beberapa kesalahan mungkin butuh keseriusan untuk ditangani. Penggunaan aplikasi absensi online seperti OrangE HR, mengurangi human error.

4. Update Data Absensi

Memperbarui data absensi karyawan secara manual merupakan tugas yang sulit bagi HRD. Tetapi dengan menggunakan aplikasi absensi, HRD dapat dengan mudah memperbarui dan menjaga data absensi karyawan karena data terpusat.

5. Easy to Use

Tidak ada hal yang sulit dalam penggunaan aplikasi absensi, seperti pada aplikasi OrangE HR, karyawan hanya perlu login selanjutnya clock-in maupun clock-out. Saat ini berbagai Perusahaan di dunia memang menuju dunia digitalisasi. Pembelajaran penggunaan aplikasi baik itu bagi HRD maupun karyawan memang seharusnya mulai dilakukan dari sekarang.

OrangE HR Solution menawarkan HRIS berbasis Cloud dengan Subscription secara gratis selama tahun 2020. Jangan lewatkan penawaran menarik ini, Anda juga bisa menggunakan fitur Absensi Online dengan mudah.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879