News & Events

Apa Itu Iklan dan Apa Manfaat Iklan?

 Andi Diputra  |     17 Jun 2022, 08:44

Apa itu Iklan? Sebuah produk atau jasa membutuhkan iklan untuk promosi. Beriklan dapat melalui media sosial, televisi, radio, hingga baliho yang terpampang di pinggir jalan. Beragam iklan seperti iklan peralatan elektronik, iklan makanan, hingga iklan jasa tentu akan dengan mudah Anda temukan.

Apa Itu Iklan dan Apa Manfaat Iklan?

Iklan adalah salah satu alat komunikasi yang bersifat non-pribadi dan biasa kita temui di media massa atau sosial media. Berkembangnya kegiatan perekonomian memunculkan berbagai macam produk baru baik berupa jasa maupun barang. Perkembangan teknologi juga turut berperan karena menghadirkan produk-produk digital.

Dengan munculnya produk-produk baru, produsen tentu harus mencari cara supaya bisa menarik konsumen agar produknya tetap dikenal sehingga usahanya tidak tenggelam. Di sinilah peran iklan untuk menjadi alat bagi para produsen memenangkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Iklan mampu menjadi media promosi yang paling efektif untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Meskipun sifat iklan tidak langsung berefek pada pembelian.

Apa Manfaat Iklan?

a. Memberi Informasi, bertujuan untuk membuat konsumen sadar akan merek suatu produk dan membantu membangun citra yang positif dari merek tersebut.

b. Mempersuasi, iklan yang efektif memiliki bertujuan untuk meyakinkan pelanggan agar mau mencoba produk yang ditawarkan.

c. Mengingatkan, hal ini dilakukan agar merek suatu produk tersebut terus diingat oleh masyarakat.

d. Memberikan Nilai Tambah, iklan yang efektif dapat memengaruhi konsumen untuk melihat produk tersebut menjadi lebih elegan, modis, bergengsi, dan lebih unggul dari produk pesaing.

e. Mendampingi, Maksud dari fungsi mendampingi adalah iklan dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk memulai kegiatan promosi.

Baca Juga: Pentingnya Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Pekerjaan

Apa Ciri-ciri Iklan?

Dilansir dari situs Gramedia, iklan memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya, yaitu:

  • Menggunakan kata singkat tetapi efektif dan menarik agar konsumen mudah mencerna pesan yang ingin disampaikan.
  • Pemilihan diksi bersifat sugesti atau ajakan karena sesuai fungsi iklan yaitu dapat memengaruhi konsumen.
  • Bersifat informatif karena iklan bertujuan memberikan informasi terkait produk agar konsumen lebih mengenal produk yang diiklankan.
  • Harus memiliki target sasaran agar pemasaran produk lebih efektif.

Jadi, iklan adalah media promosi yang paling banyak digunakan karena memiliki jangkauan yang luas. Ciri-ciri iklan sesuai dengan fungsi iklan, yaitu bisa mengajak konsumen untuk membeli produknya.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879