News & Events

Apa Itu Slip Gaji? Apa Manfaat Slip Gaji?

 Andi Diputra  |     6 Sep 2021, 08:47

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji merupakan bentuk tanda bukti atas gaji atau upah untuk seorang pekerja. Adapun pentingnya slip gaji adalah memberikan kejelasan berapa besar gaji yang diterima dari perusahaan atau tempat kerja. Gaji merupakan penghasilan yang diterima oleh seseorang yang terdiri atas komponen penambah dan komponen pengurang:

Apa Itu Slip Gaji? Apa Manfaat Slip Gaji?
  • Komponen penambah adalah bentuk penghasilan yang bersifat tambahan. Di antaranya meliputi upah utama, tunjangan tetap, tunjangan kehadiran, upah lembur, dan THR serta bonus.
  • Komponen pengurang adalah bentuk penghasilan yang memberikan pengurangan atas gaji yang diterima pekerja. Di antaranya meliputi iuran BPJS, pinjaman karyawan, PPh 21, maupun denda atau pinalti.

Kedua komponen di atas secara langsung memberikan pengaruh pada jumlah nominal akhir penghasilan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan. Jadi karyawan akan melihat semua data dan hasil pembayaran akhir mereka pada slip gaji.

Baca Juga: Manfaat Absensi Online untuk Karyawan Lapangan

Manfaat Slip Gaji

1. Adanya Rincian Gaji

Dengan menerima slip gaji setiap bulan, kita bisa menghitung kembali dan lebih teliti dengan jumlah uang yang kita terima dari perusahaan. Kamu bisa mempelajari lebih detil mengenai pajak apa saja sih yang harus dibayarkan, potongan apa saja yang kamu dapatkan, dan tentunya mengurangi resiko kesalahan menghitung upah gaji.

2. KPR Rumah

Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), memiliki slip gaji menjadi syarat utama yang harus dipenuhi. Melalui slip gaji, bank akan menganalisa kemampuan Anda untuk membayar cicilan rumah setiap bulannya. Idealnya gaji bulanan harus tiga kali lipat lebih besar dari cicilan per bulan. Oleh karenanya, pastikan pekerja menyesuaikan angsuran yang diambil dengan gaji yang diterima.

3. Mengajukan KTA

Slip gaji juga sering dijadikan sebagai pengklasifikasian Anda dalam mengajukan kredit. Hal yang sama berlaku ketika Anda mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Slip gaji menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan disertakan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan tersebut.

4. Kredit Mobil dan Motor

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari slip gaji adalah dalam hal pengajuan kredit kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Karena perlu menyertakan slip gaji sebagai syarat mengambil kredit tersebut. Tentu saja jenis, merek, dan DP atau uang muka kendaraan akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

5. Referensi Melamar Pekerjaan Baru

Slip gaji biasanya akan dilampirkan oleh seseorang saat akan menerima surat tawaran kerja. Walaupun terkadang tidak diminta, namun hal ini dilakukan untuk memperoleh gaji yang lebih besar dari tempat yang sebelumnya, dengan cara ini perusahaan Anda yang baru akan lebih percaya dengan bukti otentik dari perusahaan sebelumnya dengan nominal yang tercatat.

Pencantuman slip gaji tentunya akan mempermudah proses negosiasi gaji Anda di perusahaan selanjutnya. Obrolan mengenai gaji memang terkadang sukar untuk dimulai, selain memikirkan nominal yang kita inginkan, kita juga harus bisa memprediksi apa saja yang dapat kita tawarkan ke perusahaan yang baru.

Solusi untuk mempermudah HRD dan karyawan dalam mengecek dan mengunduh slip gaji adalah dengan software HRIS Orange HR Solution. Dengan fitur slip gaji online, karyawan bisa dengan mudah untuk mengecek dan mengunduh slip gaji secara online dengan aplikasi mobile Orange HR Solution. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan solusi tersebut.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879