News & Events

Apa Perbedaan Software ERP dan HRIS?

 Andi Diputra  |     15 Mar 2021, 09:52

Saat memilih software untuk memenuhi kebutuhan SDM Organisasi, mungkin sering mendengar istilah ERP dan HRIS. Meskipun keduanya merupakan sistem yang dirancang untuk menawarkan solusi SDM, tetapi ERP dan HRIS berbeda. Penting untuk memahami perbedaan antara ERP dan HRIS dan solusi apa yang ditawarkan setiap sistem. Disini kami akan membantu Anda memilih perangkat lunak terbaik untuk meningkatkan operasi SDM Organisasi.

Apa Perbedaan Software ERP dan HRIS?

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan semua operasi departemen termasuk penjualan, akuntansi, SDM, keuangan, inventaris, pemasaran, dan banyak lagi. Semua proses ini dapat dikelola dari sistem terpusat di mana semua departemen akan berbagi database yang sama. ERP dapat disesuaikan berdasarkan ukuran dan jenis Organisasi. Tersedia basis cloud, onpremise atau keduanya.

Human Resource Information System (HRIS) adalah solusi SDM lengkap yang memungkinkan Anda mempertahankan semua operasi SDM Anda dari satu sistem terpusat. Semua data terkait SDM dapat diakses, di maintain, dilacak, dan disimpan dalam HRIS. Sama seperti ERP, HRIS dapat berbasis cloud maupun onpremise.

Secara garis besar itulah merupakan perbedaan ERP dan HRIS. Sekarang kita akan bahas lebih rinci perbedaan antara ERP dan HRIS.

  • Tujuan utama ERP adalah untuk menyatukan dan mengintegrasikan setiap aspek bisnis, sedangkan tujuan utama HRIS adalah untuk mengelola data karyawan dan mengotomatiskan manajemen SDM dari ujung ke ujung.
  • Solusi ERP berfokus seluruh area bisnis, sedangkan HRIS sepenuhnya berfokus pada departemen HR.
  • Sistem ERP tidak memiliki fitur khusus untuk meningkatkan manajemen SDM seperti HRIS yang memiliki banyak fitur untuk meningkatkan setiap aspek manajemen SDM. Beberapa fitur juga dapat disesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan.
  • Implementasi ERP lebih sulit dan dapat menyebabkan kegagalan besar jika tidak dikelola secara efektif, sedangkan implementasi HRIS lebih terjangkau karena mempengaruhi lebih sedikit departemen.

Baca Juga: Software HR Saat Krisis Pandemi

Salah satu cara Organisasi bisa bersaing pada pasar yang kompetitif sekarang ini adalah dengan menggunakan HRIS yang tentunya bisa mengelola karyawan mulai dari onboarding hingga offboarding dengan efektif dan efisien seperti HRIS Orange HR Solution. Orange HR Solution menawarkan promo sewa 12 bulan cuma bayar 9 bulan pada subscription cloud dengan periode waktu Februari-April 2021. Silahkan hubungi kami melalui website Orange HR Solution.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879