News & Events

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Sistem Work From Home (WFH)

 Andi Diputra  |     18 May 2020, 09:10

Istilah Work From Home (WFH), sudah tidak asing lagi dikalangan perusahaan dan pekerja. Work From Home (WFH) adalah suatu istilah bekerja dari jarak jauh, lebih tepatnya bekerja dari rumah. Jadi pekerja tidak perlu datang ke kantor tatap muka dengan para pekerja lainnya.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Sistem Work From Home (WFH)

Dalam penerapan sistem Work From Home (WFH) perusahaan perlu melakukan evaluasi berkala, apalagi perusahaan yang baru menerapkan untuk pertama kalinya. Pastinya ada kelebihan dan kekurangan pada system WFH ini. Berikut mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan sistem WFH:

Kelebihan WFH

1. Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

  • Perusahaan tidak perlu menyediakan komputer, tempat kerja, internet, listrik dan makan siang untuk pekerja. Ini bisa menambah pemasukan bagi perusahaan yang menerapkan WFH.

2. Fleksibel Dalam Mengerjakan Pekerjaan

  • Dalam bekerja, WFH lebih fleksibel terutama saat bosan bekerja. Bisa pindah dari meja kerja menuju ruang tamu, teras, taman, kamar atau ruangan lain di rumah yang nyaman untuk bekerja. Selain fleksibel masalah tempat bekerja, dalam hal waktu juga fleksibel karena bisa disesuaikan. Yang terpenting saat bekerja dari rumah karyawan bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

3. Mengurangi Tingkat Stres Karyawan

  • Tingkat stres yang menurun membuat kepuasan bekerja semakin meningkat. Ketika kamu mampu menyelesaikan pekerjaan lebih baik dan lebih cepat, tentu ini akan meningkatkan kepuasan kerja sehingga karyawan menjadi loyal terhadap perusahaan.

4. Lebih Dekat dengan Keluarga

  • Dengan bekerja dari rumah kamu bisa lebih dekat dengan keluarga. Keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan dalam keluarga bisa tercapai, saat dirinya memiliki produktifitas kerja yang baik sehingga bisa mengalokasikan waktu sesuai dengan porsinya masing-masing.

Kekurangan WFH

1. Susah Memonitoring Karyawan

  • Untuk memonitoring pekerja saat melakukan WFH lebih susah ketimbang bekerja di kantor secara langsung. Jika perusahaan Anda sudah memiliki sistem yang baik untuk memonitor setiap pekerja dan tidak terlalu kaku dalam hal peraturan, maka ini bukan menjadi masalah yang besar.

2. Banyaknya Gangguan

  • Tidak setiap pekerjaan yang dilakukan dari rumah bisa berjalan dengan mulus. Banyak sekali gangguan terutama dari anak dan keluarga, belum lagi orang-orang disekitar yang menganggap hanya di rumah nganggur saja padahal sebenarnya sedang kerja secara remote. Hal ini bisa mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja

3. Miskomunikasi

  • Komunikasi menjadi tantangan terbesar saat melakukan work from home. Untuk itu kamu harus selalu online dan mudah dihubungi, sehinga saat ada diskusi atau koordinasi tidak ketinggalan info. Frekuensi komunikasi juga harus dilakukan sesering mungkin untuk menjaga komunikasi antar tim bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi miskomunikasi.

4. Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah

  • Kekurangan work from home yang terakhir adalah tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Sebelum memutuskan melakukan work from home pastikan sudah difikirkan secara matang-matang mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Untuk mencegah kekurangan WFH seperti susah memonitoring karyawan dan miskomunikasi saat bekerja, Perusahaan bisa menggunakan OrangE HR Solution.

OrangE HR Solution merupakan human resource information system (HRIS) yang membantu Perusahaan meringankan pekerjaan HR. Untuk mengetahui OrangE HR Solution lebih lanjut, silahkan kunjungi website OrangE HR Solution.

baca juga: Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879