News & Events

Cara Ampuh Lamar Kerja Yang Cepat Di Terima HRD

 Andi Diputra  |     18 Aug 2021, 09:50

Mencari pekerjaan saat ini bukan hal yang mudah, tetapi kalau kamu tahu caranya juga bukan hal yang sulit mengingat akses informasi saat ini begitu mudah dijangkau.

Melamar pekerjaan merupakan langkah awal sebelum mendapatkan pekerjaan. Proses ini sangat krusial hingga harus meminimalisir kesalahan. Saat melamar pekerjaan, tentu kamu bukan satu-satunya kandidat. Oleh karena itu, penting bagimu untuk tahu cara melamar kerja yang dapat membuat HRD terkesan. Dengan begini, peluangmu terpilih daripada kandidat lainnya akan lebih besar.

Cara Ampuh Lamar Kerja Yang Cepat Di Terima HRD

Baca Juga: Ketahui Kontrak Kerja/Perjanjian Kerja Karyawan Menurut Undang-Undang

Berikut cara ampuh lamar kerja yang cepat di terima HRD:

1. Melamar Pekerjaan Sesuai Bidang dan Kemampuan

Jika kamu memilih untuk melamar pekerjaan pada bidang yang sama dengan posisi kamu saat ini, maka pihak HRD akan melihatnya sebagai satu nilai plus. Kamu bisa menggunakan pengalaman kerja yang ada saat ini atau sebelumnya, untuk meningkatkan posisi tawarmu.

Dengan demikian, perekrut bisa yakin, kamu kandidat yang menekuni bidang yang dilamar, dan memang memiliki kualifikasi pada bidang tersebut.

Bagaimana jika kamu seorang fresh graduates dan belum memiliki pengalaman kerja?

Jangan khawatir, kamu bisa membuat blog, dan tulisan untuk dijadikan sebagai portofolio. Pasalnya, ini akan menjadi kekuatan tersendiri untukmu di mata HRD.

2. Buat CV yang Menarik

Sajikan secara lengkap, detail, jujur dan penyajian teknis yang menarik. Pengalaman mungkin akan jadi poin plus, tetapi bagi pencari kerja freelance pun tetap mungkin lolos di sini jika punya keahlian. Cantumkan portofolio, bukti sertifikat jika dibutuhkan.

Jangan mencantumkan hal-hal tidak penting yang tidak ada hubungannya dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan, kecuali jika hal tersebut merupakan soft skill yang kamu miliki, cantumkan untuk menambah nilai plus yang dimiliki.

3. Lakukan Riset Perusahaan

Sebelum melamar lowongan yang ada, jangan lupa lakukan riset perusahaan, ya! Pastikan kamu memang tertarik dengan bisnis dari perusahaanmu.

Terlebih lagi, rekruter biasanya lebih tertarik pada kandidat yang punya "hubungan" dengan perusahaan. Misalnya, kamu pernah masuk ke industri yang sama atau kamu kuliah dengan jurusan yang berkaitan dengan model bisnis perusahaan.

Selain itu, kamu juga bisa menilai kecocokan visi, misi, hingga budaya kerja mereka. Kira-kira, apakah semua itu sejalan dengan tujuan dan prinsip kerjamu? Proses riset juga bisa memastikan kamu terhindar dari lowongan kerja menipu.

4. Kemampuan Berbahasa Asing

Soft skill lain yang perlu kamu kuasai jika ingin mudah diterima pekerjaan meskipun status kamu masih kuliah adalah memiliki kemampuan bahasa asing. Tentu saja hal ini berlaku untuk tempat kerja yang membutuhkan skill tersebut.

Kalau kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, maka akan lebih banyak peluang kamu diterima kerja.

Walaupun hanya berstatus magang, kamu akan tetap dianggap memiliki potensi yang bagus. Kemungkinan peluang-peluang yang lain akan datang menghampiri. Apalagi jika bahasa asing yang dikuasai bukan hanya bahasa Inggris.

5. Hati-Hati dengan Sosial Media

Di era digital ini, semakin banyak HRD yang mencari dan mengintip akun media sosial kandidat.

Pasalnya, media sosial juga dipercaya dapat menjadi perwakilan karakter seseorang. Nah, agar dapat membuat HRD terkesan, cobalah untuk mempercantik profil media sosial milikmu, termasuk LinkedIn.

Selain memerhatikan foto, ingatlah juga untuk mencantumkan pencapaianmu selama ini, dan detail job description. Dengan begini, selain dapat mengira karaktermu, mereka juga memiliki gambaran kemampuan yang kamu miliki.

Untuk memudahkan identifikasi kontrak karyawan, Anda dapat memanfaatkan OrangE HR Solution untuk mengelola database HR di perusahaan Anda. Dengan fitur-fitur lengkap OrangE HR Solution, tentunya akan membantu pekerjaan HR untuk lebih memahami kebutuhan karyawan. Mulai dari fitur penilaian kinerja, rekrutmen, absensi, pengajuan cuti, pengajuan izin, laporan HRD, payroll dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat Orange HR Solution silahkan menghubungi kami untuk free demo.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879