News & Events

Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

  23 Mar 2020, 10:52

Pemerintah menegaskan bahwa kebijakan untuk beraktivitas produktif di rumah perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona atau penyakit Covid-19. Salah satunya adalah work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Namun, produktivitas saat work from home (WFH) atau bekerja dari rumah sering kali menurun karena banyak gangguan dan kurang pengawasan. Tidak perlu khawatir saat bekerja dari rumah. Work from home (WFH) bisa menyenangkan dan pekerjaan dapat selesai dengan cepat.

Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

Lalu, bagaimana caranya agar tetap produktif saat bekerja dari rumah? Ada beberapa cara dari OrangE HR yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas saat work from home (WFH).

1. Mengatur Jadwal Kerja

Saat work from home hal pertama yang harus disiapkan adalah atur jadwal kerja. Ketika bekerja dari rumah dan tidak mengatur jadwal sama sekali, biasanya Anda akan merasa bebas dan lupa terhadap pekerjaannya.

Atur seperti biasa jam bangun agar tidak kesiangan. Jangan lupa mandi agar badan tetap segar sehingga siap untuk bekerja dari rumah.

Pastikan Anda sudah siap untuk bekerja di waktu yang sudah ditetapkan dengan keadaan yang nyaman. Jangan mulai bekerja sebelum jadwal dan selesaikan pekerjaan tepat waktu, kecuali jika Anda mesti lembur dari rumah.

2. Tentukan Lokasi yang Nyaman

Pilihlah lokasi yang nyaman untuk bekerja seperti di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruang belajar. Hindari bekerja di tempat tidur karena hanya akan bermalas-malasan, sebentar kerja lalu biasanya tidur-tiduran dan dapat merusak produktivitas.

Ketika berada di rumah, sebenarnya kamu dapat membuatnya menjadi seperti suasana kantor. Kamu bisa membuat kopi atau teh terlebih dahulu di pagi harinya, lalu siap menghadap laptop yang sudah ditaruh di atas meja.

3. Tentukan Waktu Istirahat

Ketika kamu sudah berada di titik jenuh saat kerja, berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10-15 menit tentu dapat menyegarkan otak kamu.

Dikuti dari Inc, studi menunjukkan memberi jeda pada pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas. Beri jeda setiap 90-120 menit selama 10-15 menit. Jeda itu dapat dilakukan untuk istirahat sejenak, mencari udara segar, atau peregangan.

4. Matikan Notifikasi

Saat bekerja, tingkatkan fokus dengan cara mematikan sejumlah notifikasi yang tidak penting seperti media sosial dan pemberitahuan sejumlah aplikasi.

Gangguan sekecil apapun dari notifikasi handphone atau laptop dapat merusak suasana hati dan menghilangkan fokus.

5. Fokus pada Pekerjaan

Fokus pada pekerjaan kamu ketika sedang bekerja di rumah, usahakan hindari kegiatan lain, seperti menonton Tv, video game, maupun hiburan lainnya. Bekerjalah dengan tujuan dan niat yang baik. Saat bekerja dari rumah ingat kembali tujuan tersebut.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879