News & Events

Cara Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Perusahaan

 Andi Diputra  |     17 May 2022, 11:46

Cara Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) - Perusahaan merekrut karyawan bekerja, harapannya karyawan yang melamar berkualitas tinggi.

Dengan SDM yang unggul maka Perusahaan berharap semua yang dikerjakan oleh karyawannya sempurna. Bisa mengerjakan tugas dalam waktu singkat, selesai banyak dan dengan cara efisien.

Cara Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Perusahaan

Namun tidak semua karyawan bisa memenuhi kriteria yang diinginkan Perusahaan, tak selamanya apa yang mereka kerjakan sesuai harapan. Kadang masalah datang dan menghambat kinerja. Maka dari itu perlu diadakan pengembangan SDM secara berkala.

Pengembangan SDM ini perlu melalui metode yang tepat, agar Perusahaan bisa memiliki karyawan yang handal untuk membantu Perusahaan.

Berikut metode pengembangan SDM:

1. Pelatihan

Metode pelatihan adalah pengembangan yang biasa dilakukan setiap perusahaan. Melalui metode ini para karyawan diharapkan semakin handal dalam melakukan tugasnya. Perusahaan bias melakukan pelatihan karyawan dengan efektif menggunakan LMS OrangT. Dengan LMS OrangT dapat melakukan pelatihan dimana saja dan kapan saja.

2. Magang

Metode magang karyawan baru dilatih untuk mengerjakan apa tugas yang akan dilakukannya kelak. Karyawan baru tentu belum menguasai pekerjaannya, karenanya perlu didampingi terlebih dahulu agar nanti siap diterjunkan dalam pekerjaannya dengan keterampilan dan wawasan yang dibutuhkan.

3. Pendidikan

Dengan metode pendidikan, Perusahaan memberikan pendidikan formal kepada karyawan atau memberikan kesempatan pada karyawan untuk melanjutkan pendidikan agar karyawan tersebut memiliki kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

Baca Juga: Cara Kerja dan Cara Membuat Bisnis Model Canvas

4. Studi Banding

Metode pengembanhan SDM dengan cara mengevaluasi atau membandingkan sistem kerja yang selama ini berjalan di suatu perusahaan dengan sistem kerja standar atau berlaku di tempat lain. Melalui metode ini perusahaan akan mendapat gambaran seefektif apa sistem kerja terhadap produktivitas yang diperoleh.

5. Coaching

Metode ini adalah metode pelatihan atau pembimbingan. Seseorang ditunjuk untuk membimbing karyawan lain. Tujuan dari metode ini jelas untuk meningkatkan keterampilannya dalam bekerja.

Tujuan dari metode ini selain untuk meningkatkan kualitas kerja juga sebagai sarana untuk transfer kemampuan karyawan atau orang yang sudah jauh berpengalaman di suatu pekerjaan.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879