News & Events

Fakta New Normal saat Pandemi Covid-19 di Indonesia

 Andi Diputra  |     2 Jun 2020, 09:41

Pemerintah Indonesia melalui Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, masyarakat harus menjaga produktivitas di tengah pandemi virus corona COVID-19 dengan tatanan baru yang disebut new normal.

Menurutnya, tatanan baru ini perlu ada sebab hingga kini belum ditemukan vaksin definitif dengan standar internasional untuk pengobatan virus corona.

Fakta New Normal saat Pandemi Covid-19 di Indonesia

Sekarang satu-satunya cara yang bisa dilakukan bukan dengan menyerah tidak melakukan apapun, melainkan harus menjaga produktivitas kita agar dalam situasi seperti ini kita produktif namun aman dari COVID-19, sehingga diperlukan tatanan yang baru.

Terdapat beberapa fakta new normal saat pandemi Covid-19.

1. Apa itu new normal?

New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. Skenario new normal dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait.

2. New normal vs corona

Tingkat kesadaran masyarakat harus lebih tinggi terhadap protokol kesehatan dan keselamatan, sehingga penyebaran bisa ditekan. Walaupun vaksin belum ditemukan, fasilitas kesehatan bisa memadai dan mencukupi untuk menangani seluruh pasien. Penerapan new normal akan berdampak menekan angka kematian menjadi lebih kecil. Masyarakat dapat menjalankan aktivitas dan bisnis dengan cara-cara baru seperti work from home (WFH).

3. New normal di tempat kerja

Indonesia bersiap masuk ke hidup normal baru atau new normal di tengah pandemi corona. Protokol kesehatan di tempat kerja atau kantor telah disiapkan. Aturan ini termuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879