News & Events

Faktor Penyebab Terjadinya Turnover Karyawan

 Andi Diputra  |     27 Apr 2021, 12:09

Aset berharga Perusahaan adalah memiliki karyawan yang kompeten dan loyal. Jika sebuah Perusahaan memiliki karyawan yang tangguh maka kemajuan Perusahaan dapat lebih mudah terlihat. Tapi bagaimana jika Perusahaan memiliki turnover karyawan yang tinggi?

Faktor Penyebab Terjadinya Turnover Karyawan

Apa itu Turnover Karyawan?

Turnover karyawan adalah aktivitas pergantian karyawan suatu Perusahaan yang disebabkan oleh faktor penentu terjadinya perpindahan karyawan tersebut baik secara sukarela maupun tidak.

Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Turnover Karyawan

1. Faktor usia

  • Karyawan yang lebih muda lebih mungkin untuk keluar dari perusahaan. Tingkat turnover yang cenderung tinggi pada karyawan yang berusia muda biasanya disebabkan karena karyawan tersebut masih memiliki keinginan untuk mencoba pekerjaan yang lain.

2. Masa kerja

  • Turnover lebih banyak terjadi pada karyawan dengan masa kerja yang lebih singkat. Interaksi dengan usia dan kurangnya sosialisasi awal merupakan keadaan yang dapat memungkinkan terjadinya turnover.

3. Beban kerja

  • Beban kerja yang terlalu berat dapat mengakibatkan karyawan menderita gangguan atau penyakit akibat kerja.

4. Faktor lingkungan

  • Lokasi atau lingkungan kerja yang menyenangkan akan menarik bagi karyawan dan sebaliknya. Termasuk juga pandemi saat ini yang memaksa Perusahaan untuk tetap bertahan dengan mengurangi insentif karyawan maupun PHK.

5. Kepuasan kerja

  • Tingkat turnover juga dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja karyawan.

6. Kepuasan gaji

  • Kepuasan kerja karyawan dianggap sebagai salah satu penyebab karyawan berhenti bekerja. Namun persepsi karyawan terhadap perlakuan tidak adil dalam hal kompensasi atau gaji menjadi penyebab yang lebih kuat.

Turnover karyawan tidak dapat dihindari meskipun Perusahaan telah berkomitmen penuh untuk membuat lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Pasti tetap saja ada karyawan yang mungkin mengundurkan diri. Turnover sangat merugikan Perusahaan karena banyak biaya yang telah dikeluarkan untuk rekrutmen karyawan. Masalah lain dari turnover misalnya turunnya produktivitas yang disebabkan oleh berkurangnya karyawan. Segala hal yang berhubungan dengan karyawan memang cukup rumit yang merupakan tanggung jawab dari tim HRD Perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Penilaian Kinerja untuk Perusahaan dan Karyawan

Untuk memudahkan HRD dalam menyelesaikan tugas administrasi yang berkaitan dengan karyawan seperti data absensi, cuti, pengajuan klaim karyawan, perhitungan gaji, dan lainnya Perusahaan dapat menggunakan OrangE HR Solution, silahkan request demosekarang, karena ada promo menarik yang menanti Anda, Sewa 12 Bulan Cuma Bayar 9 Bulan untuk Subcription Cloud OrangE HR Solution.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879