News & Events

Future of HR

  8 Jul 2019, 13:57

1. Accesing Talent

Merekrut karyawan saat ini akan semakin sulit dari sebelumnya, karena pada lingkungan perusahaan masih tetap kompetitif dan persyaratan keterampilan organisasi telah mengalami perubahan yang cepat. Inilah saatnya bagi perusahaan untuk berpikir tentang bagaimana mereka dapat terus-menerus "Accesing Talent" dalam berbagai cara, seperti: memobilisasi sumber daya internal, dan memanfaatkan teknologi secara strategis untuk meningkatkan sumber daya dan produktivitas dalam perekrutan.

Future of HR

2. Learning in the Flow of Life

Tantangan utama yang harus diperhatikan perusahaan menurut Deloitte 2019 adalah cara belajar karyawan. Mengapa cara belajar karyawan? Alasannya karena tuntutan pekerjaan dari perusahaan yang terus berkembang, sehingga mengharuskan karyawan untuk terus meningkatkan skills dan kemampuan baru.

Bagaimana solusinya? Perusahaan harus mendukung pembelajaran berkelanjutan dengan memotivasi karyawan mengambil keuntungan dalam belajar/pelatihan dan fokus membantu karyawan mengidentifikasi pribadi untuk mengembangkan keterampilan baru yang diperlukan.

3. Talent Mobility

Sering kali perusahaan berfokus pada rekrutmen eksternal untuk merekrut orang-orang mengisi lowongan pekerjaan yang membantu mengurangi tingkat pengangguran, tetapi sekarang perusahaan menyadari bahwa merekrut karyawan baru saja tidak cukup untuk mengakses kemampuan yang dibutuhkan perusahaan. Untuk mendorong pertumbuhan, perusahaan perlu memanfaatkan tenaga kerja mereka saat ini secara lebih efektif untuk mengidentifikasi dan memperkerjakan tenaga kerja dengan keterampilan, kemampuan, motivasi, dan pengetahuan yang diperlukan dari organisasi, infrastruktur, dan budayanya. Membuat program yang lebih baik untuk memfasilitasi mobilitas internal dapat memberikan hasil di berbagai bidang, seperti: pertumbuhan perusahaan, keterlibatan karyawan, dan kinerja bisnis.

4. HR Cloud: Expectations vs Reality

Salah satu tren SDM terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah hr cloud berbasis langganan, yang dimaksudkan untuk mengurangi pekerjaan IT untuk memelihara software SDM, menyediakan rangkaian alat yang lebih terintegrasi, meningkatkan manajemen data, meningkatkan pengalaman pengguna, dan memberikan inovasi yang lebih cepat. Perusahaan telah mengalami berbagai tingkat keberhasilan menggunakan hr cloud.

Menurut hasil survei Deloitte 2019, hanya 5% responden memiliki platform cloud SDM yang sepenuhnya terintegrasi. Sebagian besar yang lain memiliki beberapa kombinasi software cloud dan on-premise, dan 29% tidak memiliki sistem sama sekali. Karena masih banyak perusahaan yang menggunakan sistem SDM, kualitas pengalaman pengguna dan tingkat integrasi tidak sesuai yang dijanjikan oleh vendor cloud HCM. Sebagian besar vendor cloud belum mengikuti inovasi bisnis yang cepat dan kemajuan teknologi.

Dari hasil survei Deloitte 2019, terdapat tabel perbandingan apa yang perusahaan harapkan dan kenyataan yang didapatkan perusahaan dari HR Cloud.

Future of HR

Dari tabel diatas dapat kita lihat bahwa, HR cloud membantu organisasi mengkonsolidasikan data (consolidated data), membuat antarmuka pengguna tunggal, dan meningkatkan akses ke data.Tetapi juga menunjukkan bahwa HR cloud, tidak memberikan banyak dampak positif pada pengalaman karyawan, operasi SDM, maupun inovasi.

Seperti yang Deloitte 2019 bahas sebelumnya bahwa, masih banyak perusahaan yang menggunakan sistem SDM, kualitas pengalaman pengguna dan tingkat integrasi tidak sesuai yang dijanjikan oleh vendor cloud HCM dan sebagian besar vendor cloud belum mengikuti inovasi bisnis yang cepat dan kemajuan teknologi. Orange HR dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan.

Mengapa harus Orange HR?

  1. Memusatkan perekaman data karyawan multi-perusahaan dan multi-lokasi
  2. Memudahkan tugas administrasi SDM yang menghasilkan efisiensi waktu dan biaya
  3. Meliputi rekrutmen, kompetensi, pengembangan, pelatihan dan penilaian kinerja karyawan
  4. Data dienkripsi. Hanya pengguna yang ditunjuk yang dapat melihat detail termasuk pembayaran gaji
  5. Tepat waktu dan efisien. Menghemat waktu dalam pemrosesan gaji dengan banyak karyawan
  6. Fitur selalu up to date yang mendukung sistem pajak saat ini dan peraturan pemerintah
  7. Sistem OrangT (Digital Training & Knowledge Management) dapat mengakomodir proses learning in the flow of life karyawan, serta meningkatkan talent mobility.

Penasaran bagaimana selengkapnya? Segera hubungi Orange HR dan Request Demo sekarang..

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879