News & Events

Ketahui 6 Cara Mengajukan Resign yang Baik

 Andi Diputra  |     13 Dec 2021, 07:43

Keputusan resign selalu menjadi hal yang tidak mudah dilakukan terutama bila kamu sudah lama bekerja di perusahaan tersebut. Ada banyak banyak alasan kenapa seseorang memilih mundur atau resign dari kerjaannya, tapi apa pun alasannya, yang penting bagaimana kamu bisa melakukan dan melaksanakannya dengan cara yang terhormat. Jangan sampai ketika berhenti kerja malah membuat akhir catatan yang buruk dengan perusahaan saat ini. Bila masih ingin melanjutkan karir kerja di bidang yang sama, hal seperti ini tentu saja bisa mempengaruhi reputasi dalam jangka panjang dan prospek masa depanmu.

Ketahui 6 Cara Mengajukan Resign yang Baik

Jadi, jika memutuskan untuk berhenti kerja, maka kamu juga harus berpikir tentang bagaimana membuat surat resign secara terhormat, serta bisa tetap menjaga hubungan baik dengan pimpinan dan perusahaan sebelumnya. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Apa itu Cash Flow, Apa Manfaatnya, dan Mengapa Penting?

Berikut cara mengajukan resign yang baik:

1. Pilih alasan yang tepat

Sebelum kamu mengajukan pengunduran diri dari perusahaan, harus menggunakan alasan yang sesuai yang dapat diterima oleh atasan. Pilih alasan yang memungkinkan untuk tidak lagi bekerja di perusahaan.

2. Bertemu dengan atasan

Merupakan hal yang baik untuk meminta atasan meluangkan waktu dan membicarakan pengunduran dirimu. Tunggu waktu yang tepat untuk berbicara dengan atasan karena mungkin atasan kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berdiskusi.

Memiliki kata-kata yang bagus untuk diucapkan dan tetap sopan. Buat keinginan untuk pengunduran dirimu secara langsung dan lugas. Siapkan juga jawaban atas pertanyaan yang mungkin ditanyakan atasan. Gunakan kalimat yang pendek dan mudah dimengerti.

3. Tetap tunjukkan sisi positifnya

Tunjukkan sisi positif seperti jujur ​​dan sopan. Menggunakan kata-kata yang baik saat berbicara membuatmu tampak menghargai atasan dan juga pekerjaan kamu. Beri tahu atasan jika kamu suka bekerja di perusahaan tetapi tidak dapat melanjutkan bekerja lagi karena punya alasan lain.

4. Pertimbangkan untuk menerima tawaran yang bagus

Jika kamu telah menjelaskan kepada atasan dan atasanmu membuat penawaran yang bagus. Kamu perlu mempertimbangkan apakah akan tetap tinggal jika mendapat kenaikan gaji atau mendapatkan promosi atau insentif lainnya.

5. Buat surat pengunduran diri

Harus tahu apa yang tidak boleh ditulis dalam surat pengunduran diri. Jangan menulis sesuatu yang tidak sopan atau menghina seseorang, lebih baik tulis surat pengunduran diri dengan kata-kata yang baik dan positif karena mungkin kamu akan tetap berhubungan dengan perusahaan sebelumnya lagi.

6. Selesaikan kewajiban terlebih dahulu

Sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, kamu harus menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Bersikap profesional tentunya masih harus kamu lakukan untuk membuktikan bahwa kamu memang seorang pekerja yang baik.

Dengan 6 cara diatas, kamu akan meninggalkan kesan yang baik juga kepada rekan kerja dan atasan. Tak ada salahnya untuk benar-benar baik kepada rekan kerja atau kepada pihak di perusahaan sebelum mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan.

Desain Orange HR Solution dibuat secara modular, sehingga perusahaan dapat memilih module berdasarkan kebutuhan. Kemudian fully integrated, semua module dalam Orange HR Solution terintegrasi satu sama lain. Serta strategic planning and development data dan profile karyawan yang lengkap memudahkan perusahaan untuk memanage dan mengembangkan kompetensi karyawannya.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879