News & Events

Lakukan 8 Tips ini, Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Puasa

 Andi Diputra  |     4 Apr 2022, 07:30

Lakukan 8 Tips ini, Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Puasa - Di bulan puasa, setiap umat muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa. Wajib menahan segala godaan mulai dari tidak makan, minum dan hawa nafsu lainnya. Tak bisa dipungkiri, menjalankan puasa tentu bisa berpotensi menurunkan kinerja dan produktivitas di kantor. Lantas, bagaimana mengatasi masalah demikian?

Lakukan 8 Tips ini, Agar Tetap Produktif Bekerja Saat Puasa

Cara Agar Tetap Produktif Saat Bekerja Saat Puasa

1. Niat

Pertama dan utama adalah memantapkan niat serta tekad untuk menjalani hari dengan semangat. Meskipun mungkin menghadapi banyak tantangan selama puasa, kita harus berusaha selalu memotivasi diri untuk semangat.

2. Porsi Makan Saat Sahur yang Cukup

Ingat ketika Anda sahur dan berbuka puasa, Anda sedang mengisi energi Anda. Namun, bukan berarti porsi makanan yang Anda ambil harus berlebihan. Untuk sahur, makanlah secukupnya, karena makan berlebihan akan membuat Anda malah mengantuk dan lemas. Pilih menu-menu yang seimbang, dalam artian mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Terutama makanan yang mengandung serat akan dapat membantu menahan rasa lapar. Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah.

3. Hindari Tidur Larut Malam

Lantaran perlu melaksanakan sahur di pagi hari, Anda sebaiknya melakukan tidur lebih cepat. Seperti diketahui, dengan tidur akan mengembalikan stamina tubuh setelah beraktivitas sehari penuh. Jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, tentu akan lebih bersemangat menjalankan pekerjaan dengan berpuasa untuk esok hari.

4. Selipkan Aktivitas Lain Saat Bekerja

Karena sedang berpuasa, waktu istirahat bekerja bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas lain agar tetap semangat dan tidak bosan selama di kantor. Manfaat semua fasilitas yang mendukung kita agar tetap fresh. Bisa juga memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur singkat selama 20-30 menit.

5. Jaga Kesehatan Tubuh

Anda pemilik tubuh Anda sendiri, kenali kapasitas tubuhmu sendiri. Hindari makanan yang tidak menyehatkanmu, kegiatan yang tidak mendukung produktivitasmu, dan lainnya. Jika badanmu sehat, maka pekerjaan apapun dapat kamu lalui dan kamu dapat berkontribusi maksimal.

6. Hindari Kafein

Kafein di hari biasa mungkin dapat memberi Anda kesegaran, terutama saat mengantuk. Namun di bulan puasa, hindari mengonsumsi kafein di saat buka puasa dan sahur, karena dapat melukai lambung Anda dan membuat Anda sakit, jadi pastikan bekerja selama bulan puasa tidak mengkonsumsi kafein pada saat sahur.

7. Olahraga

Ibadah puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Pasalnya, kegiatan olahraga dapat mendatangkan segudang manfaat bagi tubuh. Namun demikian, perlu diperhatikan jenis olahraga yang Anda lakukan.

Cukup laksanakan olahraga secara cukup. Misalnya, seperti melakukan lari pagi sejenak, push up, plank, dan sejenisnya. Dengan melangsungkan aktivitas ini secara rutin akan meningkatkan semangat Anda untuk bekerja ketika sedang puasa sekalipun.

8. Rutin Beribadah

Poin penting dari bulan puasa adalah ibadah yang rutin dan tidak bolong. Jika sebelumnya kamu sulit untuk beribadah secara rutin, ini adalah bulan yang tepat untuk kamu memperbaiki ritme beribadah. Terakhir, lakukan dengan ikhlas kegiatan beribadah ini.

Baca Juga: Mengapa SEO Penting? Apa Manfaat SEO?

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879