News & Events

Manfaat Absensi Online untuk Karyawan Lapangan

 Andi Diputra  |     26 Aug 2021, 11:58

Dalam bekerja di perusahaan, tidak setiap hari karyawan ditempatkan bekerja di kantor. Ada hari tertentu, dimana karyawan akan ditugaskan untuk bekerja langsung di project lapangan maupun survey lokasi. Baik bekerja di kantor maupun lapangan, setiap karyawan wajib melalukan absensi hadir dan pulang. Sistem absensi manual tentu tidak efektif lagi, apalagi daya yang dihasilkan dari absensi manual kurang akurat, khususnya berkaitan dengan waktu. Hanya mengandalkan mesin absensi konvensional juga bukan jaminan untuk mendisiplinkan karyawan lapangan. Minimnya kontrol karyawan lapangan terutama dalam hal absensi dapat mempengaruhi kinerja. Karyawan akan merasa minim pengawasan dan bekerja dengan rasa tanggung jawab yang rendah.

Manfaat Absensi Online untuk Karyawan Lapangan

Perlu adanya solusi absensi karyawan online berbasis smartphone yang memenuhi kegiatan harian yang penggunaannya sangat efektif dan bisa dilakukan dimana saja.

Manfaat Absensi Online untuk Karyawan Lapangan

1. Mempermudah Perusahaan Memantau Karyawan

Data absensi yang dilakukan karyawan melalui smartphone, akan langsung terinput ke dalam sistem database aplikasi absensi, termasuk juga waktu dan tempat karyawan berada. Walaupun tidak bekerja di kantor, namun perusahaan bisa memantau kedisiplinan karyawan melalui data absensi yang dilakukan karyawan yang bersangkutan. Perusahaan bisa mengetahui bahwa karyawan yang ditugaskan bekerja di lapangan benar-benar berada di lokasi tersebut sesuai dengan waktu kerjanya.

2. Meningkatkan Produktivitas Karyawan dalam Bekerja

Absensi menggunakan aplikasi membutuhkan waktu yang singkat, karena karyawan hanya perlu membuka aplikasi dan masuk dengan ID atau data diri karyawan ke dalam sistem sebagai bukti kehadiran. Tidak perlu mengantri seperti saat melakukan absensi secara manual. Hal ini akan membuat karyawan lebih bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lain yang berkaitan dengan pekerjaannya.

3. Mempermudah Shifting Karyawan

Perusahaan sering kesulitan untuk melakukan shift apalagi dengan karyawan lapangan yang tidak sedikit. Karyawan lapangan tidak sedikit juga yang sering over-scheduled karena pengaturan shifting yang tidak benar dan minim monitor.

Aplikasi absensi karyawan juga mempermudah perusahaan mengelola shift karyawan tanpa harus takut over-schedule atau double-shift. Perusahaan dapat melakukan rekap melalui aplikasi langsung. Selain itu, dapat melakukan kontrol absen secara bersamaan hanya menggunakan satu admin dengan satu aplikasi.

Baca Juga: Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Software HRIS

Salah satu aplikasi absensi online yang memiliki fitur lengkap adalah OrangE HR Solution, proses absen hanya perlu menggunakan smartphone karyawan, akurasi dan keamanan data yang terjamin. Dengan menggunakan aplikasi absensi karyawan, perusahaan bisa lebih memfokuskan pada urusan-urusan krusial lainnya seperti pemasaran, penjualan, dan juga produksi.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879