News & Events

Memotivasi Karyawan ditengah Pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat

 Andi Diputra  |     19 Jul 2021, 08:18

Pandemi covid-19 saat ini dan aturan PPKM Darurat membuat karyawan rentan stress. Di satu sisi, mereka harus bekerja. Namun di sisi lain, harus memastikan dirinya dan keluarga dalam kondisi sehat. Hal tersebut bisa membuat karyawan merasa kelelahan dan tak termotivasi.

Memotivasi Karyawan ditengah Pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat

Sebagai HR, dapat berperan aktif memberikan motivasi kepada sesama rekan kerja. Bukan hanya rekan satu tim, melainkan seluruh rekan kerja di kantor.

Bagaimana Caranya?

1. Menilai Kembali Kebijakan Perusahaan

Menilai kembali kebijakan perusahaan. Pasalnya, pandemi mengharuskan kita mengubah perilaku, seperti bekerja dari rumah (WFH), sterilisasi disinfektan secara berkala, menyediakan suplemen kesehatan di kantor, seperti hand sanitizer, masker, cairan disinfektan, kotak P3K, siapkan kontak rumah sakit terdekat, dan bentuk tim tanggap darurat jika ada karyawan dengan gejala covid-19. Jika ada perubahan kebijakan, pastikan telah membicarakan kepada semua rekan kerja dan pendapat semuanya, seperti meninjau kembali kebijakan aturan kesehatan dan keselamat kerja.

2. Penggunaan Software Digital

Lakukan sosialisasi kepada rekan kerja untuk menggunakan software digital atau aplikasi guna mempermudah pekerjaan mereka. Seperti software HRIS, memudahkan HR mengontrol semua karyawan meskipun sedang bekerja dari rumah (WFH). Salah satu software HRIS local terbaik adalah OrangE HR Solution. Dengan fitur-fitur lengkap dan juga berbasis cloud maupun on-premise, perusahaan bisa memakai software HRIS sesuai dengan kebutuhannya dan pastinya juga easy to use.

3.Tetap Menjalin Komunikasi

HR dapat berkomunikasi kepada karyawan mengenai kendala yang mereka hadapi hingga bantuan yang dibutuhkan. Berikanlah waktu mereka untuk mencurahkan perasaan, baik dalam menyelesaikan pekerjaan maupun masalah pribadi. Hal tersebut untuk memastikan karyawan dalam kondisi sehat serta melacak risiko jika ada karyawan yang positif covid-19.

4. Memberikan Insentif

Selama pandemi, ada perusahaan yang memotong hingga meniadakan bonus tahunan karyawan. Ada pula yang tidak menaikkan gaji karyawan. Hal itu wajar, karena perusahaan sedang menghadapi situasi tak menentu, sehingga memerlukan perhitungan finansial ketat agar bisnis tetap berjalan.

Tetapi insentif merupakan hal yang tidak boleh terlupakan, karena karyawan juga melewati situasi yang tak menentu. Perusahaan bisa memberikan insentif jika tim penjualan berhasil mencapai target, sehingga karyawan termotivasi meningkatkan kinerja mereka.

Memberikan motivasi kepada rekan kerja merupakan upaya yang wajib dilakukan oleh perusahaan. Karena pandemi menciptakan krisis terhadap semua sektor bisnis dan berdampak pada kesejahteraan karyawan. Agar karyawan tetap memiliki motivasi kerja, HR dan manajemen sebaiknya memahami kebutuhan mereka.

Baca Juga:Software HRIS, Solusi Produktivitas Karyawan Saat PPKM Darurat

Dengan fitur-fitur yang lengkap OrangE HR Solution, tentunya akan membantu pekerjaan HR untuk lebih memahami kebutuhan karyawan. Mulai dari fitur penilaian kinerja, rekrutmen, absensi, pengajuan cuti, pengajuan izin, laporan HRD, payroll dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat Orange HR Solution silahkan menghubungi kami untuk free demo.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879