News & Events

Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Software HRIS

 Andi Diputra  |     23 Aug 2021, 07:33

Selama masa pandemi Covid-19, tentunya akan membuat karyawan menjadi lebih paranoid yang berimbas pada turunnya produktivitas pada perusahaan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka perusahaan akan mengalamu kerugian membuat HRD kewalahan mencari cara untuk mempertahankan produktivitas karyawan pada masa pandemic ini. Untuk mencegah penurunan produktivitas karyawan, perusahaan dapat menggunakan HRIS untuk membantu mengelola kinerja karyawan dengan lebih baik.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Software HRIS

HRIS merupakan software yang khusus dirancang untuk membantu berbagai pekerjaan bagian HRD atau SDM di suatu perusahaan. Mulai dari pemasukan data atau data entry, mengelola karyawan dari berbagai aspek, hingga semua urusan administrasi, dan penggajian. HRIS bertindak sebagai komponen manajemen karyawan. Dengan kata lain, memungkinkan tim HR untuk melacak kinerja karyawan, mengubah informasi pribadi karyawan, mendokumentasikan feedback dari penilaian kinerja, hingga riwayat kedisiplinan.

Software HRIS memiliki fitur yang dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan, seperti:

  • Absensi Online

Masa pandemi membuat karyawan tidak bisa absen secara manual dikantor dan HRD tetap harus memantau karyawan melalui aktivitasnya walaupun bekerja dari rumah (WFH). Jadi dengan HRIS, karyawan bisa absen kehadiran melalui software atau aplikasi HRIS tersebut, karyawan tidak perlu melakukan absen manual maupun fingerprint dikantor. HRD juga lebih efektif dan efisien memantau maupun mengontrol karyawan walaupun sedang WFH.

  • Pengelolaan KPI

Selain absensi online, fitur yang ditawarkan software HRIS untuk meningkatkan produktivitas karyawan di tengah pandemi COVID-19 ini adalah fitur pengelolaan KPI karyawan.

Fitur ini membantu perusahaan memonitor performa karyawan dan perkembangannya terhadap pemenuhan target atau Ke KPI yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dapat diakses kapanpun dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat digunakan untuk memberikan tugas serta feedback dari tugas tersebut.

  • Pengatur Keuangan

Hal lain yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan adalah menerima gaji pada waktunya, dengan biaya yang tepat. Tidak hanya gaji bulanan, tetapi juga THR maupun bonus yang diberikan kepada karyawan ketika hari raya dan mencapai target. HRD akan sibuk pada akhir bulan jika perusahaan masih secara manual memberikan gaji kepada karyawan. Dengan adanya software HRIS, penggajian bisa dibayarkan dengan otomatis, hal ini akan memberikan waktu luang HRD untuk melakukan hal lainnya.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Selain itu, HRIS memiliki komponen pelatihan dan pengembangan. HRIS dapat memberikan fitur pelatihan dan mengintegrasikannya dengan tes serta persiapan sertifikasi profesional bagi karyawan. Fitur tersebut bisa diakses HR maupun karyawan.

Sedangkan fitur pengembangan akan mencatat kemajuan karyawan dan menggunakan metrik kinerja untuk memeriksa dampak pelatihan terhadap karyawan. Apakah keterampilan mereka meningkatkan atau harus ada pelatihan tambahan disesuaikan dengan kebutuhan.

Fitur ini berguna untuk mempertimbangkan karyawan yang berhak menerima promosi dan membantu tim HRD dalam perencanaan regenerasi perusahaan.

Baca Juga: Motivasi Kerja Karyawan Di Masa Pandemi Covid19

Manfaat dan fitur-fitur diatas bisa kamu temukan di Orange HR Solution. Tentunya juga akan membantu pekerjaan HRD dalam mengatur karyawan.

Mulai dari fitur penilaian kinerja, payroll, insentif, rekrutmen, absensi, pengajuan cuti, pengajuan izin, laporan HRD, pelatihan pengembangan, KPI dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat Orange HR Solution silahkan menghubungi kami untuk free demo.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879