News & Events

Pentingnya Budaya Organisasi di Perusahaan

 Andi Diputra  |     17 Sep 2021, 09:59

Mengapa budaya Organisasi penting di Perusahaan? Budaya Perusahaan/Organisasi sangat berperan penting dalam menciptakan kelancaran dalam segala aspek yang berjalan di Perusahaan dan merupakan pondasi yang berisi norma-norma, nilai-nilai, cara kerja karyawan dan kebiasaan yang bermuara pada kualitas kinerja Perusahaan/Organisasi.

Pentingnya Budaya Organisasi di Perusahaan

Mari kita lihat lebih detail mengapa budaya Organisasi penting.

1. Mendefinisikan Identitas Internal dan Eksternal Organisasi

Budaya Organisasi akan menentukan bagaimana semua karyawan atau semua anggota melakukan pekerjaannya. Tidak hanya itu, budaya Organisasi juga menentukan cara berinteraksi satu sama lain juga dengan dunia luar, khususnya dengan pelanggan, mitra, pemasok, media dan semua pemangku kepentingan.

2. Menjalankan Nilai Inti Organisasi

Budaya Anda dapat menjadi cerminan dari nilai inti Organisasi Anda. Cara Anda menjalankan bisnis, mengelola alur kerja, berinteraksi sebagai tim, dan memperlakukan pelanggan Anda semuanya menambah pengalaman yang harus memperlihatkan siapa Anda sebagai sebuah Organisasi.

3. Membuat Karyawan Menjadi Pendukung Organisasi

Budaya organisasi yang kuat memiliki kekuatan untuk mengubah karyawan menjadi pendukung. Karyawan Anda menginginkan lebih dari sekadar gaji tetap dan tunjangan yang baik, mereka ingin merasa apa yang mereka lakukan itu bermakna.

Dan ketika karyawan Anda merasa bermakna, mereka lebih cenderung menjadi pendukung budaya, yaitu orang-orang yang tidak hanya berkontribusi pada budaya Organisasi Anda, tetapi juga mempromosikan dan menjalaninya secara internal dan eksternal.

4. Mendukung Onboarding

Budaya Organisasi tidak jarang bertindak sebagai penyelaras keragaman di Organisasi. Maka itu, pada saat proses onboarding, penting untuk menampilkan budaya Organisasi kepada karyawan baru. Adanya budaya yang jelas akan bertindak sebagai penuntun karyawan baru di tengah suasana baru dan beragam di organisasi.

5. Berdampak pada Kinerja dan Kesejahteraan Karyawan

Budaya Organisasi berdampak langsung pada kinerja dan kesejahteraan karyawan. Budaya yang sehat menangani kedua area ini dengan menemukan keseimbangan yang sesuai berdasarkan nilai-nilai Organisasi. Organisasi harus menekankan proses kerja sedemikian rupa sehingga karyawan merasa kesehatan fisik dan mentalnya tetap diperhatikan.

Baca Juga: Pentingnya Human Resource Development di Perusahaan

Dengan fitur-fitur yang lengkap OrangE HR Solution, tentunya akan membantu pekerjaan Organisasi dalam mengatur karyawan.

Mulai dari fitur penilaian kinerja, payroll, insentif, rekrutmen, absensi, pengajuan cuti, pengajuan izin, laporan HRD dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat Orange HR Solution silahkan menghubungi kami untuk free demo.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879