News & Events

Software HRIS Mempermudah Laporan Bulanan HRD

 Andi Diputra  |     11 Jan 2021, 13:59

Software HRIS mempermudah laporan bulanan HRD - Sebagai salah satu departemen yang erat kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia, tugas HRD adalah wajib membuat hasil laporan bulanan mengenai karyawannya.

Mengingat begitu banyak laporan yang harus dibuat oleh HRD dalam sebuah Perusahaan, sebaiknya jika Perusahaan memberikan kebijakan-kebijakan tertentu bagi HRD. Salah satunya adalah kebijakan menggunakan software HRIS untuk mempermudah laporan bulanan HRD dengan mengolah data secara sistematis, efektif, dan efisien setiap bulannya.

Software HRIS Mempermudah Laporan Bulanan HRD

Apa sajakah laporan yang harus dibuat oleh HRD Perusahaan setiap bulannya?

1. Laporan Upah/Gaji Karyawan

Laporan gaji tidak hanya bermanfaat bagi karyawan yang menerimanya, namun juga bagi perusahaan. Selain untuk pembukuan keuangan perusahaan, juga diperlukan bagi departemen finance untuk menghitung beban pajak penghasilan PPh 21 sehingga laporan keuangan Perusahaan dapat diprediksi untuk beberapa bulan kedepan. Dengan software HRIS seperti Orange HR Solution, laporan ini dapat tersimpan secara online sehingga dapat dibuka sewaktu-waktu ketika membutuhkan data gaji pada bulan tertentu. Selain itu juga akan diolah secara otomatis secara terintegrasi dengan laporan kehadiran.

2. Laporan Kehadiran Karyawan

Laporan kehadiran karyawan adalah sebuah laporan bulanan HRD yang diperlukan perusahaan untuk menentukan seberapa besar jumlah tunjangan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang bersangkutan. Semakin baik laporan kehadiran seorang karyawan, maka akan semakin banyak jumlah tunjangan kehadiran yang diberikan oleh Perusahaan. Dengan software HRIS seperti Orange HR Solution, HRD tidak perlu merekap satu persatu jumlah kehadiran setiap karyawan karena setiap bulan data tersebut sudah diolah secara otomatis.

Baca Juga: Recruitment Digital Menjadi New Normal Bagi HR

3. Laporan Cuti Karyawan

Laporan cuti karyawan merupakan sebuah laporan bulanan HRD yang dibuat oleh tim HRD yang berisi hak cuti masing-masing karyawan, berapa banyak karyawan yang bersangkutan mengambil cuti dalam satu tahunnya, kapan penentuan cuti bersama dari Perusahaan. Dengan software HRIS seperti Orange HR Solution, HRD tidak perlu menghitung dan mendata secara manual sisa cuti karyawan.

4. Laporan Izin/Sakit Karyawan

Laporan ini akan mempengaruhi laporan kehadiran dan gaji karyawan. Karena dengan izin atau sakit maka kinerja karaywan tersebut juga akan menurun. Dengan software HRIS seperti Orange HR Solution, HRD akan mendapat rekapan waktu izin dan alasannya sehingga dapat memastikannya dengan adanya bukti pemberian izin dari atasan.

Dari berbagai laporan yang harus dilakukan HRD di akhir bulan, dapat kita lihat bahwa tugas HRD membutuhkan fokus yang harus dikerjakan sekaligus ketika akhir bulan tiba. Sehingga tidak dipungkiri jika HRD Perusahaan harus beralih dari sistem manual ke sistem online.

Salah satu software HRIS untuk mempermudah laporan bulanan HRD adalah Orange HR Solution. Tentunya akan sangat membantu tugas HRD perusahaan yang begitu banyak karena setiap data dan laporan kehadiran, izin, sakit, dan cuti karyawan, biaya potongan pajak penghasilan (Pph 21), besarnya tunjangan, dan lain-lain akan terintegrasi secara otomatis dalam software HRIS Orange HR Solution.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879