News & Events

Strategi Penjualan saat Pandemi Covid-19

 Andi Diputra  |     15 Jun 2020, 09:50

Di tengah pandemi global wabah virus Corona atau Covid 19 yang juga menyerang Indonesia, mengakibatkan terganggunya hampir semua industri bisnis dari berbagi sektor. Banyak bisnis mulai merasa penurunan penjualan yang drastis atau bahkan tidak memiliki pelanggan sama sekali. Tetapi, keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapat dipertahankan.

Strategi Penjualan saat Pandemi Covid-19

Untuk mengatasi semua ini tentunya perlu strategi penjualan yang efektif agar dengan kondisi saat ini tetap menjadi peluang yang menguntungkan.

1. Strategi Marketing Online

Melalui strategi marketing secara online maka tidak perlu untuk bertemu pelanggan secara langsung, semua dapat dilakukan baik melalui aplikasi maupun dunia maya. Ada banyak cara untuk menerapkan pemasaran dengan cara online, misalnya penjualan melalui situs online maupun social media yang bisa diakses oleh banyak orang. Sehingga ada baiknya menyediakan sedikit dana untuk membangun situs online dan social media.

2. Buat Materi Pemasaran yang Relevan

Dengan mempertimbangkan krisis pandemic corona, memasukkan kata kunci dan visual yang relevan dengan keadaan sekarang dalam kampanye pemasaran agar dapat menarik perhatian. Buat juga materi pemasaran dengan pesan yang bermanfaat agar pelanggan merasa terpikat dan tertarik membeli produk.

3. Promosi Penjualan yang Tepat

Langkah strategi marketing saat social distancing yang tidak kalah menarik yaitu dengan memberikan berbagai macam promo atau diskon. Seperti, dengan memberikan potongan harga pada penjualan nilai tertentu, atau berikan bonus produk yang bisa membuat pelanggan merasa senang.

Pemotongan harga akan memancing orang untuk berbelanja lebih banyak karena takut harga nanti akan kembali seperti semula. Sama halnya dengan produk bonus atau hadiah, beberapa orang menyukai hal semacam itu dan akhirnya melakukan transaksi.

4. Jaga Hubungan dengan Pelanggan melalui Komunikasi

Jika mengalami perubahan produksi maupun penjualan produk, maka bisa langsung informasikan kepada pelanggan. Perusahaan bisa menginformasikan dan menjawab segala keluhan pelanggan baik melalui website, email maupun media social.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879