News & Events

Sulit Bekerja Di Tengah Pandemi: HRIS Solusinya

 Andi Diputra  |     31 Aug 2020, 13:32

Indonesia masih dihantui Covid-19, karena dengan jumlah pasien positif yang terus bertambah, walaupun persentase pasien sembuh meningkat. Dengan begitu New Normal akan tetap diberlakukan. New normal ini menuntut perusahaan agar bisa bangkit dengan cepat. Untuk mengontrol karyawan ditengah pandemi bukan hal yang mudah, karena tidak semua karyawan bisa back to office, sebagian masih work from home (WFH). Oleh karena itu Perusahaan harus mengambil tindakan yang tepat ditengah pandemi ini untuk bisa bangkit kembali.

Sulit Bekerja Di Tengah Pandemi: HRIS Solusinya

Solusinya adalah software HRIS. Pandemi ini secara tidak langsung membuat perubahan dalam operasional bisnis, dimana teknologi memiliki peran besar.

Manfaat HRIS Di Tengah Pandemi

1. Absensi secara Real-time

Karena tidak semua karyawan bisa bekerja back to office maka bekerja dari rumah tidak memungkinkan karyawan untuk absen langsung di kantor dengan menggunakan mesin fingerprint. Ketika absensi tidak terhitung, maka akan berpengaruh ke penghitungan gaji di akhir bulan.

Perusahaan bisa menggunakan fitur HRIS Cloud untuk absen melalui aplikasi secara online, seperti yang ditawarkan OrangE HR Solution. Karyawan dapat memasukkan absensi mereka secara langsung darimanapun dan kapanpun. Cukup melalui clock-in dan clock-out dari aplikasi ponsel.

2. Mempermudah Perhitungan Payroll

Dengan memudahkan absensi, urusan payroll pun akan jadi lebih mudah. Perusahaan tidak akan kesulitan mengurus proses penghitungan gaji, karena dengan HRIS Cloud, urusan administrasi yang menyangkut database sudah terekam secara otomatis.

Penyimpanan dan pengelolaan data yang komprehensif akan memudahkan divisi HR dalam penghitungan gaji bulanan yang di dalamnya termasuk gaji pokok, tunjangan kerja, bonus, uang makan dan transportasi, BPJS hingga pemotongan Pajak Penghasilan 21.

3. Mempermudah Akses Data

HRIS Cloud menawarkan fleksibilitas untuk karyawan dalam praktik kerja. Jika memerlukan akses ke dokumen dan data baik dari kantor maupun dari rumah tetap bisa diakses, karena data sudah tersimpan di software HRIS. Dengan begitu tidak sulit untuk mencari dokumen-dokumen yang dibutuhkan saat itu juga.

4. Mengurangi Human Error

Manusia cenderung melakukan kesalahan. Beberapa kesalahan mungkin butuh keseriusan untuk ditangani. Misalnya: kesalahan perhitungan gaji, data absensi yang kurang akurat, sulit menemukan dokumen saat dibutuhkan, dan lain-lain. Dengan penggunaan software HRIS seperti OrangE HR, hal-hal tersebut bisa ditangani dengan mudah.

5. Memantau Aktivitas Karyawan selama WFH

Situasi sekarang ini mengharuskan Perusahaan untuk tetap memberlakukan bekerja dari rumah atau WFH bagi sebagian karyawan. Saat karyawan bekerja dirumah atau WFH, Perusahaan akan sulit memantau dan mengontrol. Hal ini akan mempersulit menilai kinerja karyawan. Dengan software HRIS, Perusahaan akan lebih mudah memantau dan mengontrol karyawan baik yang bekerja dikantor maupun dirumah. Fitur-fitur yang terdapat pada HRIS membantu Perusahaan mendapatkan data-data secara realtime dan akurat.

Baca juga:Absensi Online Solusi Terbaik saat New Normal

Seperti fitur cuti atau leave, jika karyawan melakukan request cuti, atasan akan secara langsung mendapatkan notfikasi dari karyawan yang melakukan request tersebut. Dari contoh ini dapat disimpulkan bahwa setiap tindakan karyawan akan diketahui oleh atasan. Jadi akan mudah bagi Perusahaan dalam memantau karyawan.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879