News & Events

Tips Agar Karyawan Tetap Sehat Di Masa Pandemi Covid-19

 Andi Diputra  |     21 Sep 2021, 13:16

Sejak adanya pandemi COVID-19, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah imbauan dan strategi pencegahan untuk menekan penyebaran virus corona penyebab COVID-19. Tetapi pandemi COVID-19 di Indonesia masih juga belum pulih. Hal ini membutuhkan kesadaran setiap orang untuk tetap waspada berupaya mengurangi risko penularan; termasuk kesehatan diri sendiri. Tidak terkecuali juga karyawan-karyawan harus menjaga kesehatan diri, agar tetap bisa beraktivitas menjalankan bisnis Perusahaan.

Tips Agar Karyawan Tetap Sehat Di Masa Pandemi Covid-19

Untuk menghindari dan memutus rantai penularan COVID-19; serta menjaga kesehatan karyawan; maka berikut ini adalah beberapa Tips Agar Karyawan Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19:

1. Cuci Tangan Pakai Sabun

Cara yang tepat untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalit, gosok tangan hingga timbul busa sabun, bersihkan tangan dan jari sampai bagian bawah kuku, cuci setidaknya selama 20 detik. Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi dan toilet, setelah bermain dengan binatang, serta sebelum dan sesudah berada di sekitar orang yang sakit.

2. Memakai Masker dan Hindari Orang Sakit

Upayakan selalu memakai masker dalam setiap aktifitas. Jika mengetahui ada orang yang sakit, walaupun orang penting, atau teman, keluarga, maka menjauhlah dari mereka; kecuali jika memang benar-benar perlu maka pakai masker dan gunakan protokol kesehatan. Dan jika harus berinteraksi dengan mereka, jangan terlalu dekat. Segera bersih bersih jika disekitar ada orang sakit yang bersin atau batuk.

3. Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan

Selalu menjaga jarak diatas 1,5 meter untuk upaya menghindari penularan. Virus COVID-19 menyebar lebih mudah di tempat-tempat dengan lalu lintas padat seperti sekolah, transportasi umum, kantor, dan tempat umum lainnya. Jika memungkinkan, hindari keluar rumah, tetap tinggal di rumah jika tidak terlalu penting.

4. Tetap Beraktifitas dan Menjaga Gizi

Luangkan waktu untuk berolahraga. Aktifitas fisik berupa latihan aerobik, jogging, bersepeda, dan sejenisnya dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap terhadap virus dan bakteri. Jangan lupa juga makan makanan sehat seperti perbanyak makan buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan yang tidak sehat dan jangan merokok, serta jangan minum minuman beralkohol.

5. Siapkan Hand Sanitizer dan Disinfektan

Mencuci tangan masih dipandang sebagai cara yang lebih efektif untuk mencegah virus COVID-19 dan penyakit lainnya, tetapi pembersih tangan Hand Sanitizer akan berguna dan dapat membantu jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan. Selain itu bersihkan semua permukaan benda disekitar dengan menggunakan desinfektan; seperti: dinding, lantai, meja, kursi, furnitur lainnya, kunci mobil, handphone; dll.

Baca Juga: Pentingnya Budaya Organisasi di Perusahaan

Nah, sekarang Anda tahu beberapa tips agar tetap sehat di masa pandemi. Pastikan untuk melakukan semua hal ini, sehingga mampu menghindari serangan dari virus corona. Jika sedang di luar rumah, ada baiknya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Bagi Perusahaan jika ingin mengontrol karyawan dengan efektif dan efisien bisa menggunakan software HRIS Orange HR Solution, yang merupakan salah satu software HRIS local yang dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap, seperti absensi online, payroll, reimbursement karyawan, evaluasi kinerja karyawan dan masih banyak lagi. Segera kunjungi Orange HR Solution dan silahkan free request demo.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879