News & Events

Tips Hari Pertama Kerja Untuk Fresh Graduate

 Andi Diputra  |     25 Jan 2021, 09:10

Tips hari pertama kerja untuk fresh graduate akan sangat membantu bagi kamu yang baru menyelesaikan kuliah selama 4 tahun. Namun, kehidupan kuliah dengan dunia kerja sangat jauh berbeda. Teori di bangku kuliah, pada kenyataannya berbeda ketika kamu sudah bekerja.

Sebagai fresh graduate yang mulai kerja pertama kali, tentu akan menghadapi berbagai tantangan. Ketakutan utama adalah ketidak tahuan tentang dunia kerja sebenarnya, dinamika kantor, dan sebagainya.

Tips Hari Pertama Kerja Untuk Fresh Graduate

Berikut beberapa tips hari pertama kerja untuk fresh graduate agar bisa beradaptasi di dunia kerja.

1. Datang Kantor Lebih Awal

Hari pertama kerja adalah hal yang penting untuk memberi kesan bahwa kamu benar-benar niat bekerja. Oleh karena itu, datanglah lebih awal dari waktu yang telah ditetapkan di kontrak atau perjanjian kerja. Moral di tempat kerja akan lebih tinggi ketika semua orang tepat waktu. Setidaknya dengan datang lebih awal kamu bisa menenangkan diri dengan minum terlebih dahulu, berlatih memperkenalkan diri, & membaca berita tentang perkembangan industry untuk basa basi dengan teman kantor.

2. Kenakan Pakaian Rapi

Kenakan pakaian rapi pada hari pertama kerja akan memberikan kesan yang baik. Bila ada seragam khusus, kenakanlah berdasarkan peraturan dan perusahaan. Cara berpakaian dapat berfungsi untuk mendorong karyawan menjadi diri profesional terbaik dan memaksimalkan peluang untuk lebih sukses.

3. Terapkan 5S Salam Senyum Sapa Sopan Santun

Jaga prilaku dan sikap pada atasan dan rekan kerja, seperti senyum ketika berpapasan, ucapkan salam selamat pagi, sapa rekan kerja, bicara dengan sopan dan bahasa yang santun. Buatlah atasan dan rekan kerja merasa nyaman bila di dekatmu karena kamu memiliki energi positif, semangat luar biasa, dan sikap baik yang bisa ditularkan.

4. Taat Peraturan

Disiplin dan taati semua peraturan yang berlaku. Tunjukkan pada atasan, rekan kerja, dan perusahaan bahwa kamu adalah karyawan disiplin, penuh tanggung jawab, dan yang menaati aturan perusahaan. Karena kedisiplinan menjadi salah satu poin penilaian kinerja di banyak Perusahaan.

Baca Juga: Part. 1 Kata-Kata Motivasi Kerja Di Masa Pandemi Covid19

5. Mau Bertanya, Mendengarkan dan Belajar

Kamu bisa bertanya pada atasan atau rekan kerja. Jangan malu, apalagi takut. Mereka akan memaklumi ketidaktahuan seorang fresh graduate yang menjalani pengalaman pertama di dunia kerja. Tetapi, batasi diri juga untuk selalu bertanya. Terkadang, terlalu banyak bertanya juga bisa mengganggu orang lain. Jika bisa berpikir kreatif dan berusaha memecahkan masalah sendiri, maka kamu akan lebih dihargai.

6. Tunjukkan Kinerja Terbaik

Jangan berpikiran bahwa atasan dan rekan kerja akan memaklumi karena kamu baru saja masuk kantor sehingga kalau pekerjaanmu kurang maksimal kamu akan dimaklumi. Semua rekan dan atasan suka dengan orang yang proaktif dan mau membantu demi kepentingan bersama. Tawarkan juga bantuan kepada rekan jika ada yang membutuhkan.

Jadi 6 point diatas adalah tips hari pertama kerja untuk fresh graduate. Jika kamu mampu beradaptasi dengan baik, maka kinerja dalam perusahaan di hari-hari berikutnya pun akan menjadi lebih maksimal.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879