News & Events

4 Keuntungan Menggunakan HRIS

  2 Mar 2020, 14:54

HR memiliki tugas penting dalam suatu Perusahaan. Semua tugas yang dilakukan oleh HR difokuskan untuk mengelola SDM di Perusahaan dan SDM merupakan aset yang paling berharga.

Faktanya, sering kali kita melihat HR disibukkan dengan pekerjaan yang banyak. Akibatnya, mereka kewalahan dan menyelesaikan pekerjaan dengan lamban. Mungkin hal ini dianggap biasa oleh HR, karena merupakan kegiatan rutinitas yang harus mereka kerjakan. Tetapi, apakah tidak ada solusi untuk mengatasi masalah ini? Teknologi sudah berkembang pesat, satu-satunya solusi adalah HRIS (Human Resource Information System).

HRIS (Human Resource Information System) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tata kelola dan tata laksana manajemen SDM di perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan atau biasa disebut Decision Support System dengan menyediakan berbagai informasi yang diperlukan.

Dengan kata lain HRIS ini merupakan penyelesaian secara online dari semua entri data, pelacakan data, dan kebutuhan informasi data SDM, penggajian, manajemen, dan fungsi akutansi dalam sebuah perusahaan. Biasanya disimpan sebagai sebuah data base.

4 Keuntungan Menggunakan HRIS

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan HRIS:

1. HRIS Menghemat Waktu

Manfaat pertama yang akan dirasakan HR adalah hemat waktu. Kemudahan akses data hingga proses penarikan hasil data menjadi lebih cepat dan akurat. Waktu yang dibutuhkan untuk mengelola administrasi dan data juga menjadi lebih singkat dan efektif. Tidak hanya HR saja yang pekerjaannya menjadi lebih ringan, tetapi juga karyawan lain saat akan mengakses data pribadi.

2. HRIS Mengurangi Kesalahan

Banyak kepentingan HR yang berkaitan dengan regulasi pemerintah, sehingga kesalahan kecil sekalipun dapat mengakibatkan masalah hukum dan bahkan kerugian finansial bagi perusahaan.

Agar tidak terjadi kesalahan, gunakan HRIS untuk menghindari jenis masalah atau error. Karena hampir semua administrasi HR dapat dilakukan oleh sistem pada HRIS.

3. HRIS Meningkatkan Produktivitas

Sebagian besar waktu HR dihabiskan untuk mengisi data karyawan, baik itu mengisi formulir tunjangan, data absen, cuti dan lain-lain. Sementara itu, tugas lain yang mengandalkan keahlian mereka dan lebih penting diabaikan.

Dengan menggunakan HRIS dapat meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. HRIS dirancang untuk mempercepat berbagai macam proses administrasi dan pekerjaan HR. HRIS dapat mempersingkat dan mempemudah semua proses dan waktu pengerjaan tugas-tugas tersebut sehingga tak lagi memakan banyak waktu dan tenaga.

4. HRIS Mengemat Pengeluaran Perusahaan

Waktu dan uang berjalan seiring dalam bisnis. Seperti pepatah lama, waktu adalah uang. Semakin banyak waktu yang Perusahaan habiskan untuk suatu tugas, semakin banyak "uang" yang telah Perusahaan habiskan untuk itu. Salah satu manfaat menggunakan HRIS adalah mampu untuk mengurangi pengeluaran Perusahaan diberbagai bidang, baik dalam proses administrasi, penggajian maupun proses rekruitmen karyawan. Proses rekruitmen karyawan akan sangat terbantu dengan adanya software HRIS karena tim HR tidak perlu menghabiskan waktu menyimpan seluruh data calon karyawan secara manual dalam bentuk fisik karena seluruh proses rekruitmen telah terdata dalam software HRIS. Tidak hanya itu, dalam proses administrasi dan penggajian, perusahaan juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu menggunakan kertas sebagai media dalam melakukan berbagai proses seperti biasanya.

4 hal diatas adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan perusahaan jika menggunakan software HRIS. Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan lagi jika menggunakan software HRIS pada perusahaan anda. Salah satu software HRIS yang Perusahaan Anda butuhkan adalah OrangE HR. Untuk informasi lebih lengkap mengenai OrangE HR, silakan kunjungi website OrangE HR.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879