News & Events

Bagaimana Komunikasi yang Efektif di Lingkungan Kerja?

 Andi Diputra  |     13 Aug 2021, 12:31

Komunikasi tak sekadar proses bertukar informasi. Kelancaran komunikasi di lingkungan kerja dapat membantu proses kerja itu sendiri, dan tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat menjadi aset baik bagi perusahaan, maupun diri sendiri.

Bagaimana Komunikasi yang Efektif di Lingkungan Kerja?

Dengan mempunyai kemampuan komunikasi yang efektif, maka kita bisa mendapatkan sejumlah keuntungan.

Apa saja keuntungannya?

1. Semakin dicari oleh perusahaan

  • Kemampuan komunikasi efektif merupakan salah satu skill yang paling dicari perusahaan menurut riset dari Linkedin.

2. Memudahkan promosi kerja

  • Saat Anda memiliki kemampuan komunikasi, atasan akan semakin yakin untuk mempromosikan Anda. Sebagai leader, tentunya dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi efektif.

3. Disukai oleh customers

  • Bagi Anda yang bidang pekerjaannya banyak berhubungan dengan pihak eksternal, kemampuan komunikasi efektif bisa membuat customers nyaman berkomunikasi dan tentunya berdampak baik untuk promosi karier dan perusahaan.

4. Semakin dihargai di lingkungan pekerjaan

  • Komunikasi efektif bukan hanya sekadar mampu berbicara dengan baik. Tapi, dapat mendengar dan menghargai perspektif orang lain dan mendorong orang lain untuk berani beropini. Jika mampu menunjukkan komunikasi yang efektif seperti ini, tentu rekan kerja akan semakin percaya dan menghargai Anda.

Baca Juga:Cara Ampuh Bangkitkan Motivasi Kerja Anda

Jadi, bagaimana komunikasi yang efektif di lingkungan kerja?

1. Flexibel saat berkomunikasi

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Jadi, perbedaan karakter tersebut harus kamu pahami karena akan memengaruhimu dalam melakukan komunikasi yang efektif dengannya. Selalu siap sedia untuk diajak bicara atau bekerja. Menyediakan diri bagi pekerjaan akan menciptakan suasana kerja yang nyaman.

2. Pendengar yang baik

Komunikasi yang baik tidak hanya tentang menyampaikan pesan dengan baik. Komunikasi juga berarti menjadi pendengar pesan yang baik. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerti orang lain dengan lebih jelas.. Ketika Anda mengembangkan kemampuan untuk mendengar, Anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, mendengar juga menciptakan keseimbangan antara Anda dengan rekan kerja lainnya.

3. Sampaikan pesan dengan efektif

Saat berkomunikasi, penyampaian pesan yang efektif juga sangat perlu diperhatikan agar lawan bicara bisa mengerti apa yang ingin kita sampaikan. Baik itu diucapkan secara langsung atau mengirim pesan lewat teks. Sebaiknya hindari berbicara atau mengirim pesan dengan bahasa yang berbelit-belit. Hal tersebut dapat membuat pesan yang hendak kamu sampaikan tidak mudah dimengerti oleh lawan bicara.

Jadi, supaya kamu bisa melakukan komunikasi yang efektif, sebaiknya pikirkan dulu apa pesan yang hendak disampaikan. Kemudian, rangkai kalimat yang pas untuk menyampaikannya. Hal itu dilakukan agar pesan yang hendak kamu sampaikan bisa dimengerti oleh lawan bicara.

4. Hati-hati dengan bahasa tubuh

Berkomunikasi bukan hanya dengan berbicara atau mendengarkan semata. Bahasa tubuh pun menjadi media dalam berkomunikasi.

Karena itu, jika kamu penasaran seperti apa cara komunikasi yang efektif sebaiknya pahami juga mengenai komunikasi nonverbal. Supaya komunikasi yang dilakukan bisa berjalan lancar, sebaiknya perhatikan juga bahasa tubuh yang digunakan.

Misalnya supaya bisa terlihat lebih percaya diri sebaiknya jangan membungkuk saat berbicara. Selain itu, pertahankan kontak mata dengan lawan bicara.

5. Berpikiran Terbuka

Jika Anda tidak berpikiran terbuka saat berkomunikasi dengan orang lain, akan sulit untuk mendengarkan mereka. Tanpa pikiran yang terbuka, Anda juga akan sulit untuk memahami pesan. Karena itu saat berkomunikasi dengan orang lain buanglah prasangka dan persepsi Anda.

Misalnya terbukalah terhadap umpan balik terhadap Anda.

Itulah beberapa cara agar komunikasi efektif. Anda harus ingat bahwa komunikasi adalah hal terpenting yang perlu dikuasai terutama jika ingin sukses di lingkungan kerja.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879