News & Events

Mengapa Harus Mengambil Cuti Di Tengah Pandemi?

 Andi Diputra  |     16 Nov 2020, 10:07

Situasi pandemi virus corona memang membatasi kita untuk liburan dan mencari ketenangan. Tetapi, mengambil cuti dan membebaskan diri dari urusan serta tekanan pekerjaan pasti akan sangat berpengaruh dalam situasi pandemi ini. Selama bekerja dari rumah, tanpa disadari, kita memiliki ruang yang minim untuk memisahkan antara kehidupan pribadi dan bekerja. Bahkan, ada situasi yang membuat kita seolah 24/7 untuk urusan pekerjaan. Tekanan-tekanan ini dapat membawa efek samping terhadap fisik dan mental.

Mengapa Harus Mengambil Cuti Di Tengah Pandemi?

Masuk akal jika tidak ingin terburu-buru menggunakan cuti kamu pada awal wabah COVID-19. Namun jika sudah terus bekerja sejak awal pandemi lalu dan bahkan sebelumnya pun juga sudah terus bekerja dengan sedikit atau tanpa hari libur sama sekali, inilah waktunya untuk rehat sejenak.

Beristirahat membantu kita mengingat bahwa waktu kerja terbatas dan ada saatnya kita harus berhenti. Kapan saat yang tepat mengambil cuti?

1. Saat merasa lelah sepanjang waktu

Ketika sudah merasa lelah karena menghabiskan waktu tiap hari untuk bekerja, sudah saatnya untuk mengambil cuti untuk mengistirahtkan diri sejenak. Dengan istirahat Anda juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda.

2. Saat susah fokus

Tanda yang paling terlihat saat kamu butuh cuti adalah ketika mengalami kesulitan saat akan fokus pada pekerjaan. Kondisi ini adalah ketika ingin fokus dan segera menyelesaikan pekerjaan, tapi pikiran tidak bisa.

Baca juga:Pentingnya Key Performance Indicators (KPI) Bagi Perusahaan

Tetapi, pastikan saat mengambil cuti tidak ada deadline atau pekerjaan penting yang harus diselesaikan sehingga Anda bisa menarik diri sejenak.

Lalu, apa yang bisa dilakukan selama mengambil cuti dan harus di rumah saja?

1. Matikan ponsel

Matikan ponsel Anda saat cuti. Ini merupakan detoksifikasi dari segala "gangguan" yang mungkin muncul terkait pekerjaan.

2. Meditasi

Lakukan meditasi. Ambillah salah satu tempat di rumah Anda sebagai lokasi melakukan meditasi. Meditasi dapat memberi Anda rasa keseimbangan dan ketenangan. Bahkan, jika Anda hanya mampu bermeditasi selama beberapa menit, akan sangat bermanfaat selama masa bekerja dari rumah. Cobalah meditasi sekitar tiga menit hingga lima menit.

3. Jalan-jalan

Berjalan-jalan bermanfaat bagi kesehatan mental dan kesehatan fisik Anda. Jalan kaki secara teratur dan cepat dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Ambil waktu selama 10 menit atau lebih untuk berjalan atau mencoba beberapa gerakan olahraga di rumah.

4. Lakukan aktivitas disenangi

Selama cuti, lakukan hal-hal yang Anda senangi. Misalnya memasak, main game, atau mungkin menonton serial drama Korea.

Untuk mempermudah karyawan mengambil cuti saat WFH, Perusahaan bisa menggunakan OrangE HR. OrangE HR memungkinkan karyawan mengambil cuti walaupun sedang WFH, serta Perusahaan juga efektif dan efisien dalam mengontrol karyawan saat pandemi.

(Diambil dari berbagai sumber)

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879