News & Events

Pentingnya Human Resource Development di Perusahaan

 Andi Diputra  |     13 Sep 2021, 09:37

Human Resource Development adalah Divisi Sumber Daya Manusia, memiliki peran yang sangat penting untuk membantu mengembangkan segala sumber daya yang ada di dalam setiap manusia.

Pengelolaan yang berada di bawah wewenang HRD biasanya ruang lingkupnya meliputi perencanaan dan pengembangan SDM, proses seleksi rekrutmen, dan penentuan gaji. Selain itu, HRD juga mengatur kompensasi serta manajemen kerja, hingga menumbuhkan hubungan kerja antar karyawan. Singkatnya pekerjaan HRD adalah sebagai pihak yang berhubungan secara langsung kepada seluruh pegawai baik yang telah, ataupun akan bekerja di sebuah perusahaan.

Pentingnya Human Resource Development di Perusahaan

Secara bentuk, program pengembangan karyawan juga bisa informal atau pun formal dan bisa dimulai ketika Anda merekrut karyawan baru.

Beberapa pelatihan dalam bentuk informal di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pelatihan oleh masing-masing manajer karyawan
  • Mentoring dari karyawan yang lebih berpengalaman
  • Kolaborasi atau praktek langsung dengan karyawan yang sudah lebih terlatih

Sedangkan, pelatihan formal di dalam perusahaan dapat berupa:

  • Perubahan struktur organisasi yang terencana
  • Training internal yang pemberi materinya bisa oleh karyawan perusahaan atau pihak luar
  • Kelas-kelas tertentu

Dalam organisasi atau perusahaan yang baik dan sehat tentunya sudah sangat memahami bagaimana dasar yang mencakup semua hal di atas, dan mengerti potensi besar dari individu.

Baca Juga: Software HRIS Mempermudah Cek Slip Gaji Karyawan

Manfaat Pengembangan Human Resource Development

Jika diterapkan secara efektif, pengembangan human resource development menjadi cara utama untuk menarik dan mempertahankan kemampuan individu yang ada pada perusahaan Anda.

Dengan memberikan pembelajaran berkelanjutan, tentunya akan menjadi pertimbangan yang membuat karyawan untuk bertahan di suatu perusahaan, memiliki kepuasaan kerja, dan tentunya membuat individu tersebut cenderung loyal kepada perusahaan. Memang cara ini masih terbilang efektif, karena setiap orang membutuhkan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan diri mereka.

Bagi perusahaan pengembangan sumber daya manusia juga menyediakan sarana untuk melakukan mengidentifikasi dan mempersiapkan karyawan agar beberapa langkah maju ke depan. Sehingga nantinya secara tidak langsung semua orang yang terlibat dalam perusahaan akan memiliki pengalaman dan terlatih dengan baik.

Jadi jika sebuah perusahaan memiliki tenaga kerja yang sangat terlatih maka tentunya akan mendorong kinerja pekerjaan yang lebih baik, dan ketika karyawan unggul, maka otomatis bisnis juga berkinerja dengan baik. Dengan demikian, dapat dikatakan jika pengembangan sumber daya manusia juga memastikan peningkatan efektivitas organisasi, dan membantu mencapai tujuan perusahaan.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879