News & Events

Pentingnya Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Pekerjaan

 Andi Diputra  |     13 Jun 2022, 07:37

Ketika melamar pekerjaan, ada dua berkas surat lamaran kerja yang tak boleh luput dari perhatian para pencari kerja, yaitu CV dan juga surat lamaran kerja. Di antara dua berkas tersebut, surat lamaran kerja sering kali diabaikan oleh para pencari kerja dengan tidak menyertakannya bersamaan dengan CV. Padahal, kehadiran surat lamaran kerja sangat penting dan berpotensi memberikan peluang yang lebih besar bagi para pelamar untuk dipanggil melakukan wawancara kerja.

Pentingnya Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Pekerjaan

Surat lamaran kerja, adalah bentuk surat formal (resmi) yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari, atau membutuhkan pekerjaan yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan, atau institusi tempat kerja yang dituju.

Sebuah surat lamaran kerja dapat disebut baik dan benar jika memuat unsur-unsur penting yang harus dicantumkan. Apa saja yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan?

Berikut 6 Poin Penting Untuk Membuat Surat Lamaran Kerja:

1. Tempat dan tanggal surat dibuat

Pertama, Anda harus menuliskan dengan lengkap tempat dan tanggal surat lamaran kerja Anda. Posisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja dan ingat untuk tidak menyingkat apapun, baik dari tempat maupun tanggal.

2. Alamat dan nama yang dituju

Jika sudah mengetahui nama yang Anda tuju, bisa menuliskan dengan jelas nama orang tersebut disertai dengan alamat lengkap perusahaan yang Anda tuju. Jika belum mengetahui nama yang dituju, Anda bisa menggantikan dengan menuliskan "Pimpinan Perusahaan, HRD Manager dan lain sebagainya yang sopan.

3. Salam pembuka

Setelah menulis tujuan dan nama serta alamat perusahaan yang dilamar, sekarang saatnya merancang surat lamaran kerja yang menarik. Gunakan salam pembuka seperti "Dengan hormat" karena bersifat universal dan memang umum digunakan. Sehabis menulis salam pembuka, Anda dapat langsung menjelaskan sumber informasi lowongan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

4. Isi surat

Anda perlu menulis identitas diri. Informasi seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir,pendidikan terakhir, alamat email, dan juga nomor HP.

Setelah mencantumkan data diri, Anda dapat menuliskan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki. Usahakan merinci skill yang memang relevan terhadap pekerjaan yang Anda lamar agar meningkatkan kemungkinan Anda diperhatikan oleh HRD.

Baca Juga: Skill Ini yang Paling Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2022

5. Penutup surat & tanda tangan

Setelah melengkapi isi surat, jangan lupa untuk menutup surat. Sebaiknya pada bagian penutup ditulis harapan Anda agar diterima dan ditutup dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap Anda tepat dibawah penutup.

6. Lampiran

Untuk meyakinkan perusahaan yang dituju mau menerima pelamar, sebaiknya lampirkan hal-hal yang dapat memberi nilai tambah bagi pelamar. Cantumkan keterangan tambahan pada halaman surat lamaran.

  • Pas foto (foto terbaru)
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah bila ada)

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879