News & Events

Tips Memotivasi Semangat Kerja Karyawan

 Andi Diputra  |     21 May 2021, 09:28

Setelah liburan yang cukup lama, biasanya sindrom malas bekerja akan muncul. Semangat kerja karyawan menurun? Jangan dibiarkan saja dan tidak melakukan sesuatu. Tentu saja ini akan mempengaruhi performa dari para karyawan dan berimbas pada tujuan Perusahaan. Akibat yang paling parah, perusahaan dapat berhenti beroperasi, karena kehilangan tenaga kerja yang kompeten.

Jika Anda seorang atasan, Anda harus selalu berusaha memotivasi karyawan Anda.

Tips Memotivasi Semangat Kerja Karyawan

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu agar dapat memotivasi karyawan-karyawan Anda.

1. Dengarkan dan Hargai Pendapat Karyawan

Salah satu cara untuk mengetahui penyebab menurunnya semangat kerja karyawan adalah dengan mengajak mereka berbicara. Karyawan dari posisi manapun berhak untuk mengutarakan pendapatnya. Cara terbaik adalah dengan mendengar dan menghargai semua pendapat yang diberikan karyawan. Ide-ide baru dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam operasional.

2. Apresiasi Karyawan

Jangan hanya menuntut kinerja dari karyawan. Tetapi, ingat pula untuk mengapresiasi kinerja karyawan. Sudah sepantasnya karyawan yang mengalami peningkatan kinerja mendapat apresiasi dari Perusahaan. Apresiasi dapat diekspresikan dalam berbagai bentuk, dari ucapan terima kasih yang tulus hingga pemberian hadiah.

3. Suasana Kantor yang Menyenangkan

Beberapa jenis pekerjaan memiliki tingkat stres yang tinggi. Oleh sebab itu harus menciptakan linkgungan kerja yang menyenangkan, bisa dimulai dari memelihara budaya Perusahaan seperti integritas, loyalitas, dan komunikasi yang efektif.

Karakteristik ini lama-lama akan terbentuk menjadi lingkungan yang positif dan mendorong karyawan untuk lebih baik bekerja di Perusahaan.

4. Berikan Jenjang Karir

Semua karyawan pasti ingin naik ke jenjang karir yang lebih tinggi. Agar karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih giat dan loyal, Perusahaan bisa menyiapkan jenjang karir yang menjanjikan.

Jenjang karir ini mempunyai kompetensi tertentu yang harus dikuasai oleh karyawan. Walau demikian, hanya karyawan unggulan lah yang dapat mengisi posisi pilihan tertentu.

5. Berikan Insentif

Memberikan gaji memang menjadi kewajiban Perusahaan. Namun, memberikan tambahan seperti insentif dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Karyawan Anda pasti akan lebih bersemangat apabila kerja kerasnya mendapatkan imbalan.

Baca Juga: Part. 2 Kata-Kata Motivasi Kerja Di Masa Pandemi Covid19

Dengan fitur-fitur yang lengkap OrangE HR Solution, tentunya akan membantu pekerjaan HRD Perusahaan.

Mulai dari fitur penilaian kinerja, payroll, insentif, rekrutmen, absensi, pengajuan cuti, pengajuan izin, laporan HRD dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat Orange HR Solution silahkan menghubungi kami untuk free demo.

Need Software Support?

Our support team is standing by with the resources and answers you need. Don't hesitate to contact us below:

PT. STRATEGIC PARTNER SOLUTION

Graha Indramas Building 6th Floor
Jl. K.S. Tubun Raya No. 77
Jakarta 11410
Phone : (+6221) 5367 3270
Marketing : +62 81287000879